3 Jenis Alat Pemupukan Jagung Ini, Ringankan Beban Petani


Alat Pemupukan Jagung – Salah satu tahapan dalam budidaya jagung ialah pemupukan. Dengan jenis, dosis, waktu, cara, dan alat aplikasi pupuk yang sempurna sanggup meningkatkan produktivitas jagung. Sayangnya, masih banyak teman-teman petani yang menemui hambatan dalam pemupukan terutama penggunaan alat pemupukan jagung.

 Salah satu tahapan dalam budidaya jagung ialah pemupukan 3 Jenis Alat Pemupukan Jagung Ini, Ringankan Beban Petani

Masihkah memupuk jagung ala tradisional?
Pemupukan jagung yang dilakukan secara tradisional menyerupai menggunakan alat tugal yang terbuat dari kayu, tampaknya bukan zamannya lagi kini ini. Selain menguras energi dan boros tenaga kerja, memupuk jagung dengan alat tugal tradisional membutuhkan waktu yang tidak mengecewakan lama.
Bahkan, masih sering dijumpai petani yang menyebar pupuk jagung dengan tangan ke dalam larikan, ataupun menabur di atas bedengan. Mereka tidak menggunakan alat dan mesin (Alsin) untuk penyebar pupuk jagung kecuali cangkul dan tangan.
Cara memupuk jagung yang klasik itu tidak memperlihatkan produksi yang optimal. Sebab, banyak pupuk yang terbuang hilang lantaran penguapan dan sebagiannya lagi tidak terjangkau oleh akar tumbuhan jagung alias tidak sempurna sasaran.

Saatnya Pakai Alat Pemupuk Jagung ‘Zaman Now’
Kita paham bahwa dalam budidaya jagung, ada tiga tahap pemupukan, yaitu pada ketika tanam, susulan I dan susulan II. Ketiga tahapan tersebut harus diberikan pupuk, terutama pupuk butiran menyerupai urea, SP-36, dan KCL.  Pemupukan pun mesti selesai sempurna waktu biar tidak terganggu pertumbuhan jagung.

BACA JUGA : Kapan Menggunakan BWD untuk Pemupukan Tanaman Jagung
Bayangkan jikalau masih erat dengan alat-alat kuno tempo dulu untuk memupuk jagung, kapan selesai memupuknya. Ini belum lagi menanam jagung dalam skala luas (lebih dari ¼ hektar), tentu sangat terbebani dan tidak ekonomis.
Jika ingin menjadi petani jagung sukses yang bisa menanam jagung pada lahan yang luas dengan produksinya tinggi, maka menggunakan alat pemupukan jagung ‘zaman now’ alias penggunaan teknologi masa kini merupakan pilihan yang tepat.

Banyak Pilihan Aplikator Pupuk Jagung
Alat-alat aplikasi pupuk jagung cukup banyak diproduksi sekarang, baik hasil produksi belum dewasa bangsa kita yang cerdas maupun produk luar negeri. 
Semua produk aplikator pupuk jagung, baik yang tenaga penggeraknya manual, semi mekanis, dan mekanis , bisa menghemat waktu pemupukan dan menekan biaya untuk upah pekerja. Dengan kata lain, alat untuk memupuk jagung hasil rekayasa teknologi lebih efisien, mudah dan ekonomis.
Di kala mekanisasi pertanian ini, banyak alat pemupukan jagung sudah dirancang untuk memudahkan para petani dalam memupuk tumbuhan jagung. Ada yang menggunakan tenaga insan untuk menjalankannya dan ada yang digerakkan dengan tenaga mesin sepenuhnya.
Kalau ingin punya alat pemupukan jagung sendiri, Sobat bisa membelinya alasannya ialah cukup banyak tersedia di pasaran. Harganya pun bervariasi, ada yang murah dan tersedia juga yang mahal untuk yang berkantong tebal. Tentu saja, harga peralatan tersebut sesuai dengan model dan kemampuan operasionalnya.

Sekilas Prinsip Kerja Alat Pemupukan Jagung
Apapun bentuk alat dan mesin pemupuk jagung, pada prinsipnya tidak berbeda dengan teknik pemupukan yang dilakukan petani untuk memupuk jagung. Hanya saja, dengan Alsin, pemupukan lebih cepat dan takaran pupuk yang dijatuhi ke lubang tanam terukur
Alat pemupuk jagung dirancang sedemikian rupa sehingga bisa membuka alur atau lubang pupuk, lalu memasukkan pupuk ke dalam lubang, dan terakhir menutupnya kembali.

Jenis Alat Pemupukan Jagung
Yuk, kita lihat beberapa alat pemupukan jagung di bawah ini.

1. Alat Pemupukan Jagung Manual Bebentuk Alat Tugal
Alat pemupukan jagung yang satu ini bentuknya sangat sederhana dan menyerupai dengan alat tugal. Namun, alat ini sudah dirancang untuk memudahkan pemupukan, sanggup menghemat waktu, dan tenaga kerja.
Sebab, alat penabur pupuk jagung ini berbentuk panjang dan mempunyai tabung untuk menampung pupuk di dalamnya. Selain itu, alat ini mempunyai katup pengatur keluaran pupuk sehingga sanggup diubahsuaikan dengan takaran yang diinginkan.
Tak usah ragu dengan alat penugal pupuk ini lantaran sanggup dioperasikan dengan gampang lantaran tinggal tekan saja (push on).
Dalam perkembangannya, alat bantu pemupukan jagung manual model tugal ini ada 2 tipe, yaitu yang fungsinya tunggal dan ada yang ganda.
Maksudnya, alat tugal pupuk ini ada yang dirancang khusus hanya untuk memupuk saja. Alat tugal ini bisa dipakai untuk pemupukan mulai awal penanaman hingga dengan pemupukan susulan tumbuhan jagung.
Sedangkan yang lainnya dibentuk biar alat tugal sanggup berfungsi ganda, yaitu sebagai alat tanam (planter) sekaligus alat untuk memupuk. Dua tabung, benih dan pupuk, menyatu pada alat tugal ini sehingga lebih mudah digunakan.
Jadi, alat tugal yang terakhir ini sanggup dipakai pribadi untuk pemupukan dasar bersamaan dengan penanaman benih jagung.

2. Alat Pemupukan Jagung Manual integrated dengan planter
Ketika mendengar nama planter, niscaya terbayang alat atau mesin untuk menanam jagung atau tumbuhan lainnya. Tidak salah memang lantaran arti kata planter ialah alat penanam, ya kurang lebih menyerupai itu. Ada juga yang bilang seeder (penanam benih)
Dengan perkembangan teknologi, planter jagung tidak hanya untuk menanam benih, namun lebih dari itu. Planter benih jagung ini berfungsi ganda, yaitu bisa menanam dan sekaligus bisa berfungsi untuk alat pemupukan jagung.
Akan tetapi, planter benih jagung ini hanya sanggup dipakai untuk pemupukan dasar saja, yaitu pada ketika penanaman benih jagung.
Alat penanam sekaligus alat pemupuk jagung ini memang sudah dilengkapi dengan tabung biji dan tabung pupuk. Oleh lantaran itu, planter ini cukup membantu menghemat waktu pemupukan jagung.
Yang namanya alat pemupukan jagung semi mekanis, alat ini perlu dibantu dengan tenaga insan untuk menjalankannya atau mendorongnya. Jadi, lantaran dilengkapi dengan roda, kiprah petani cukup ringan, ya tinggal dorong saja. Sedangkan benih dan pupuk jatuh ke lubang masing-masing secara otomatis.
Walau dibantu tenaga insan untuk menggerakkannya, tapi kerjanya cukup cepat lantaran takaran pupuk yang jatuh ke lubang pupuk sudah terukur.

3. Alat Pemupukan Jagung Mekanis
Aplikator pupuk jagung mekanis merupakan mesin pemupuk jagung yang cukup handal. Bukan hanya berakal memupuk, tetapi juga bisa menanam. Kerjanya cepat dan tenaga penggeraknya mesin menyerupai traktor.
Mesin penanam dan pemupukan jagung ini sudah terintegrasi. Pada mesin ini dilengkapi dengan baris untuk menjatuhkan benih jagung dan baris untuk menajatuhkan pupuk dekat lubang tanam. Jarak tanam sanggup distel dan jumlah pupuk pun sanggup diatur sesuai dengan rekomendasi.

BACA JUGA : Ini Langkah Pemupukan Jagung Hibrida dan Nonhibrida biar Produksi Tinggi
Asalkan operator traktor cukup terdidik dan terampi, alat pemupuk yang ditarik traktor ini bisa merampungkan pemupukan jagung seluas 1 hektar tidak lebih dari 3 jam.
Itulah alat pemupuk jagung yang bisa mengurangi beban petani terutama efisiensi waktu pemupukan dan tenaga kerja. Ini berarti sudah waktunya meniggalkan alat tradsional menuju penggunaan alat-alat mudah dan mekanis.

0 Response to "3 Jenis Alat Pemupukan Jagung Ini, Ringankan Beban Petani"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel