9 Cara Menanam Wortel Yang Berpotensi Tinggi Produksinya


Wortel merupakan sayuran yang cukup prospektif untuk ditanam. Sebab, ajakan sayuran berumbi panjang ini bukan hanya pasar lokal atau domestik Indonesia, namun sudah mendunia. Nah, untuk memenuhi ajakan pasar, baik kuantitas maupun kualitasnya, perlu menerapkan cara menanam wortel yang baik dan benar.

Wortel merupakan sayuran yang cukup prospektif untuk ditanam 9 Cara Menanam Wortel yang Berpotensi Tinggi Produksinya
Gambar : Pixabay/Mike Goad
Kalau Anda perhatikan musim masyarakat untuk menanam wortel sangat tinggi. Ada yang menanam di rumah untuk sekadar menyalurkan hobi dan banyak juga yang menanam wortel untuk komersial di lahan luas. Bahkan, ada yang hingga mempelajari bagaimana cara menanam wortel di polybag atau lahan sempit.
Sayangnya, sayuran bewarna orange dan tinggi vitamin A ini tidak sanggup tumbuh sembarangan tempat. Meskipun Anda telah berguru teknik menanam wortel dan sudah cukup mahir,  wortel kurang anggun produksinya kalau tanah dan agroklimat tidak sesuai.
Nah, biar Anda sukses dalam budidaya tumbuhan wortel, yuk kita simak dulu syarat tumbuh menyerupai apa yang baik untuk menanam wortel.

Cek syarat tumbuh jikalau ingin menanam wortel
Wortel tumbuh subur dan produksi umbinya optimal kalau ditanam di dataran tinggi dengan suhu udara yang sejuk dan lembab. Rata-rata suhu di topografi pengunungan terbilang sejuk atau dingin, yaitu sekitar 15-210C.
Jadi, kalau Anda berdomisili di sana dan ingin menanam wortel, cukup beruntung lantaran merupakan kawasan tumbuhnya wortel. Silahkan Anda keluarkan semua ilmu budidaya wortel di kawasan menyerupai itu, dijamin berhasil lantaran memang didukung oleh iklimnya.
Selain kondisi ketinggian tempat, perhatikan tanah apakah cocok atau tidak untuk menanam wortel. Tanaman wortel sangat suka kalau tanahnya gembur, dalam, kaya materi organik, subur dan sedikit berpasir. Tanah menyerupai ini akan memudahkan penetrasi akar ke dalam tanah. Bukankah umbi wortel memanjang menembus tanah?
Belum cukup dengan syarat itu, hal lainnya yang mesti Anda perhatikan tatkala hendak menanam wortel yaitu derajat keasaman tanah (pH). Wortel cukup optimal pertumbuhan dan perkembangannya kalau pH tanah ideal, yaitu 5,5 – 7.

CARA MENANAM WORTEL
Gimana, sudah sesuaikah lahan untuk menanam wortel? Kalau okay punya, yuk kita lanjut. Berikut ini langkah-langkah menanam wortel.

1. Olah tanah yang gembur dan dalam untuk menanam wortel
Masih ingat ‘kan dengan syarat tumbuh tadi, yaitu gembur dan dalam? Nah, untuk menanam wortel, tanah mesti diolah baik dengan cangkul maupun memakai traktor.
Pengolahan tanah harus dalam, minimal 40 cm kedalam olah tanah. Ini biar praktis penetrasi akar dan umbi wortel yang dihasilkan nantinya panjang-panjang dan tidak bengkok.
Kalau Anda sudah mengolah tanah, lanjutkan dengan pembentukan bedengan dan drainase. Mau subur? Berikan pupuk dasar wortel berupa pupuk kandang, ZA atau urea, SP-36, dan KCL. Campurkan secara merata dengan tanah pada bedengan.
BACA : Wortel Tumbuh Subur Jika 2 Jenis Pupuk Dasar Ini AndaTebarkan ke Lahan (+ Tip)

Masih ada lagi yang perlu Anda perhatikan, yaitu jangan buru-buru tanam kalau sudah menyiapkan lahan. Biarkan lahan minimal 2 ahad sebelum tanam. Untuk apa? Agar tanah semakin subur lantaran materi organik terurai, pupuk sangkar menyatu dan membentuk agregat tanah yang baik, dan pupuk anorganik yang Anda taburkan larut dan tersedia untuk tumbuhan wortel.

2. Gunakan benih wortel varietas unggul biar produksinya tinggi
Supaya wortel yang Anda tanam produksinya tinggi, gunakanlah benih wortel varietas unggul. Kalau varietas lokal berkisar 20-30 ton per hektar. Tapi, kalau Anda tanam benih wortel unggul, produksinya sanggup lebih dari itu, bahkan sanggup mencapai 60 ton per hektar kalau perawatannya bagus.

Ada beberapa benih wortel varietas unggul yang banyak ditanam petani menyerupai New Kuroda, Ratu Jabar, dan lainnya. Namun, apapun nama varietasnya, beli dan gunakanlah benih wortel yang bersertifikat dan legal biar pertumbuhan dan tingkat produksinya terjamin.
Banyak yang bertanya, bagaimana cara menanam wortel dari biji? Sebetulnya memang menanam wortel tidak perlu pembibitan lantaran eksklusif ditanam bijinya. Artinya, menanam wortel tidak memerlukan penyemaian benih terlebih dulu.
Namun, biar perkecambahan atau pertumbuhan biji wortel cepat, maka perlu diberi perlakuan terlebih dulu sebelum menanamnya. Perlakuannya cukup simpel, yaitu rendam biji wortel dalam air hangat selama 24 jam, gres tanam. Kalau khawatir berjamur, Anda sanggup menambahkan sedikit fungisida dalam air rendaman benih. 

Selain memakai biji, ada juga yang menanam wortel secara vegetatif. Pangkal wortel dipotong dan ditaruh pada kawasan yang lembab. Ketika tumbuh tunas baru, bibit wortel siap ditanam dalam polybag atau pot. Namun, cara vegetatif ini umumnya dilakukan hanya untuk menyalurkan hobi menanam di rumah. 


3. Taburkan benih wortel dalam alur/larikan
Cukup praktis menanam benih wortel. Namun, sebelum menanam, Anda buat dulu alur-alur atau larikan pada pedengan dengan jarak antar alur 20 cm.
Berikut ini langkah-langkah menanam wortel
  • Buat alur/larikan dengan kedalaman 3 cm
  • Campurkan benih dengan pasir
  • Sebarkan benih wortel sepanjang larikan
  • Tutup dengan tanah halus tipis saja
  • Berikan pelindung dengan pelepah pisang atau tumbuhan lainnya biar tidak diterpa hujan dan teriknya matahari


4. Jaga kelembaban media tumbuh wortel dengan pengairan
Setelah Anda menanam wortel dan sudah mulai tumbuh, tetap lakukan perawatan biar tumbuh subur dan berkembang dengan baik. Salah satu hal penting dalam pemeliharaan tumbuhan wortel yaitu menjaga kelembaban tanah/media tumbuh.
Kalau tanah sangat kering, cuaca panas, atau kemarau panjang, maka Anda perlu melaksanakan pengairan untuk tumbuhan wortel. Untuk pengairan, Anda sanggup lakukan penyiraman atau menggenangi air ke dalam parit untuk beberapa ketika saja.

5. Lakukan penjarangan dan penyiangan biar tumbuhan wortel cukup nutrisi dan cahaya
Ketika wortel mulai tumbuh atau kira-kira sudah berumur 2 minggu, Ada sudah boleh siap-siap untuk melaksanakan penjarangan biar ada ruang antara satu tumbuhan dengan tumbuhan wortel lainnya. Dengan cara ini, wortel menerima cukup nutrisi dan sinar matahari.
Anda atur jarak tumbuhan wortel dalam barisan dengan cara mencabut tumbuhan wortel yang terlalu rapat. Jarak antar tumbuhan dalam barisan yang terbentuk sehabis penjarangan kira-kira 5-10 cm.
Bersamaan dengan penjarangan, Anda lalukan juga penyiangan dengan cara mencabut rumput-rumput yang tumbuh di sekitar tumbuhan wortel.

6. Usahakan tanah tetap gembur dan menutupi umbi wortel
Wortel merupakan sayuran yang cukup prospektif untuk ditanam 9 Cara Menanam Wortel yang Berpotensi Tinggi Produksinya
Gambar : Pixabay/rdybiec
Biasanya tanah kawasan tumbuhnya wortel menjadi padat jawaban hujan. Selain padat, banyak tanah bedengan yang turun lantaran dibawa angin atau hujan. Media tumbuh wortel yang padat sanggup menghambat penetrasi akar wortel dan berpotensi bentuk umbi melengkung. Sementara tanah bedengan yang rendah, berpotensi warna umbi wortel menjadi hijau.
Oleh alasannya itu, Anda perlu perhatikan ini dengan cara pendangiran dan pembumbunan.  Langkah-langkah ini mesti Anda lakukan sempurna sebelum tumbuhan wortel membentuk umbi atau ketika akan membentuk umbi.

7. Berikan pupuk susulan biar wortel tumbuh dan berkembang
Meskipun Anda sudah memupuk lahan wortel sebelumnya dengan pupuk dasar, namun untuk menjaga kesuburan tanah perlu dilakukan pemupukan, yang dikenal dengan pupuk susulan wortel.
  • Pupuk susulan I ; Pemupukan susulan tumbuhan wortel yang pertama dilakukan pada umur 15 hari sehabis tanam (HST). Aplikasikan pupuk ZA dengan takaran 200-250 kg/ha dan KCL dengan takaran 50 kg/ha.
  • Pupuk susulan II ; Pemupukan susulan tumbuhan wortel yang kedua dilakukan pada umur 30 hari sehabis tanam (HST). Aplikasikan pupuk ZA dengan takaran 200-250 kg/ha.

Cara aplikasi pupuk susulan wortel dengan menebar dalam larikan diantara barisan tumbuhan wortel. Setelah dipupuk, tutup kembali dengan tanah.

8. Cegah dan singkirkan organisme pengganggu tumbuhan wortel
Wortel merupakan sayuran yang cukup prospektif untuk ditanam 9 Cara Menanam Wortel yang Berpotensi Tinggi Produksinya
Gambar : Pixabay/Pezibear
Umumnya, tumbuhan wortel jauh dari organisme pengganggu tumbuhan (OPT). Namun, terkadang juga ada hama dan penyakit yang suka mengganggu tumbuhan wortel.
Kalau OPT sudah hadir ke lahan wortel, maka sanggup mengakibatkan tumbuhan wortel cukup terganggu menyerupai tumbuh kerdil dan bahkan mati.
Oleh lantaran itu, sebelum tumbuhan wortel diserang OPT, lakukan langkah-langkah pencegahan lebi awal menyerupai memakai benih unggul, nutrisi cukup, dan lahan bebas dari semak belukar.
Jika pun terjangkit hama dan penyakit, singkirkan dengan tindakan pengendalian yang ampuh, namun tidak beresiko terhadap kesehatan dan juga kondusif untuk lingkungan. Misalnya, Anda kendalikan dengan penggunaan cara-cara mekanis dan pestisida organik.

9. Panen segera wortel jikalau sudah datang masanya


Wortel merupakan sayuran yang cukup prospektif untuk ditanam 9 Cara Menanam Wortel yang Berpotensi Tinggi Produksinya
Gambar : Pixabay/Dave Alexander
Tanaman wortel mesti cepat-cepat dipanen kalau sudah waktunya. Jika masanya untuk panen ditunda, maka umbi wortel mengeras kolam kayu, watu ataupun besi 😅. Tentu saja yang begini nih, pasar terperinci tidak suka.
Jadi, kapan waktu yang sempurna untuk memanen wortel? Wortel sudah sanggup dipanen dalam waktu +/- 3 bulan atau 100 hari. Namun, waktu panen harus mengikuti varietas wortel yang Anda gunakan, ada yang 95 hari, ada yang 110 hari, dan lainnya.
Selain waktu tersebut di atas, ciri lain tumbuhan wortel sudah saatnya dipanen kalau sudah terbentuk ukuran umbi yang maksimal.
Panen wortel cukup praktis dengan cara membongkar tanahnya atau mencabut umbi beserta akarnya. Lakukan pencabutan dengan hati-hati biar umbi wotel tidak patah, luka, atau rusak.
Begitulah cara menanam wortel. Berawal dari penggunaan benih wortel yang berkualitas dan mengikuti langkah-langkah penanaman dan perawatan yang baik dan benar, maka sanggup dipastikan pertumbuhan dan produksi wortel lebih tinggi.

0 Response to "9 Cara Menanam Wortel Yang Berpotensi Tinggi Produksinya"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel