Anda Mau Menanam Daun Kari Dimana ; Di Kebun Atau Dalam Pot? Begini Caranya


Cara Menanam Daun Kari – Pernahkah Sobat melihat tumbuhan daun kari tumbuh sendiri tanpa ada yang merawatnya? Atau pernahkah melihat bibit daun kari yang “ditanam” burung-burung tumbuh subur? Itulah daun kari. Tanaman yang satu ini, pewangi kuliner orang Melayu, memang sangat mudah tumbuh.
Tapi, bagi yang masih terasa “asing” dengan daun kari, tentu penasaran bagaimana bahwasanya menanam daun kari, baik yang ingin menanam di kebun maupun dalam pot atau pasu. Dari mana memulainya untuk menanam supaya mudah, apakah dari biji atau dari stek batangnya?


 Pernahkah Sobat melihat tumbuhan daun kari tumbuh sendiri tanpa ada yang merawatnya Anda Mau Menanam Daun Kari Dimana ; Di Kebun atau Dalam Pot? Begini Caranya
Tanaman Daun Kari. Gambar : Dokpri

Sebelum menanam daun kari, kenal dulu dengan asal dan manfaatnya. Kalau sudah agak bersahabat dengan tumbuhan daun kari ini, sanggup jadi ingin segera menanamnya. Bukan hanya 1 batang, boleh jadi banyak 😅

Asal-muasal daun kari
Kalau dilihat asal mulanya, daun kari atau disebut juga daun salam koja, bahwasanya berasal dari India. Lalu, seiring dengan waktu, tumbuhan yang aroma daunnya begitu kedaluwarsa ini menyebar hingga ke Indonesia.
Salah satu wilayah di Indonesia yang cukup mudah ditemui tumbuhan daun kari yaitu Aceh. Sebab, umumnya kuliner di Aceh tak terlepas dengan daun kari sebagai bumbu penyedap. Karena sudah menjadi belahan bumbu kuliner atau bumbu dapur, daun kari atau temurui (Aceh) ada yang sengaja ditanam di perkarangan rumah dan ada juga tumbuh sendirinya di mana-mana.
Daun kari ; daun 'pembangkit' selera makan
Secara pelan-pelan, daun kari mulai digemari masyarakat alasannya wanginya yang mengundang selera makan. Jadi, alasannya aroma yang sangat khas, sedap, dan lain dari yang lain, maka daun kari yaitu daun 'pembangkit’ selera makan.
Sebagai penambah gambaran rasa alasannya aroma yang begitu tajam, daun kari sering ditambah sebagai bumbu ke dalam kuliner ibarat kari kambing, kari ayam, tumis ikan, udang tumis, ayam goreng, tumis teri, dan aneka kuliner lainnya.
Karena itu pula, banyak kawasan di Indonesia sudah mulai membudidaya atau menanam daun kari, minimal untuk konsumsi sendiri. Ada yang menanam di kebun dan ada juga yang menanam di pot bagi yang lahan tanam terbatas.
Apakah Sobat juga termasuk salah satu orang yang suka dengan daun kari dan ingin menanamnya? Kalau iya, Yuk kita simak gosip selengkapnya.

Kondisi tumbuh daun kari
Tak usah ragu untuk menanam daun kari, khususnya di Indonesia, alasannya kondisi tumbuhnya yang sangat mendukung terutama iklim tropis dengan curah hujan yang cukup.
Daun kari sangat cocok ditanam pada dataran rendah. Temperatur udara agak panas tidak menjadi penghalang untuk pertumbuhannya. Bahkan, tumbuhan penyedap kuliner ini adaptif terhadap perubahan-perubahan cuaca.
Namun, biar aroma daunnya kuat, tekstur daun keras, dan warna daunnya hijau gelap, daun kari membutuhkan sinar matahari yang penuh atau sepanjang hari.
Selain iklim, daun kari mudah sekali tumbuh asalkan tersedia unsur hara yang cukup, gembur, ada materi organik dalam tanah, dan pH tanah yang ideal.
Okay, sesudah mengenal syarat-syarat tumbuh, tentu saja jangan menunda untuk menanam daun kari. Sebab, syarat tumbuhnya terlihat tidaklah begitu rumit. Tumbuhan aromatik ini akan tumbuh jikalau Sobat mau menanamnya dan diikuti dengan rajin merawatnya.

Siapkan bibit daun kari sebelum menanamnya
Baik menanam di kebun maupun dalam pot ataupun pasu, tahapan penyiapan bibit daun kari yaitu hal utama. Sebab, dengan mengerti cara pembibitan atau cara menyiapkan bibit, menanam pun menjadi gampang.
Bibit tumbuhan daun kari sanggup diperoleh melalui 2 cara, yaitu melalui biji (generatif) dan stek/ cangkok (vegetatif). Bagaimana caranya?

1. Menyiapkan bibit daun kari dari biji (benih)
Jika menentukan penyiapan bibit daun kari dari benih, tugasnya yaitu mencari buah daun kari terlebih dahulu. Pilihlah buah yang sudah bau tanah dari batang induk yang subur, sehat, dan bebas dari penyakit.
Setelah itu, buah daun kari dibuka dan ambil bijinya. Bijinya jangan pribadi disemai, tetapi dijemur atau dikeringanginkan terlebih dahulu 2-3 hari.


 Pernahkah Sobat melihat tumbuhan daun kari tumbuh sendiri tanpa ada yang merawatnya Anda Mau Menanam Daun Kari Dimana ; Di Kebun atau Dalam Pot? Begini Caranya
Buah dan Biji Tanaman Daun Kari. Gambar : Dokpri

Biji daun kari yang sudah kering jangan lagsung disemai. Perlu ada perlakuan biji terlebih dahulu biar cepat berkecambah ketika disemai.
Berikut ini cara perlakuan biji daun kari untuk disemai
  • Rendam biji daun kari dalam air hangat atau dalam larutan atonik (zat perangsang tumbuh) selama 6-8 jam
  • Pisahkan biji yang melayang, terapung, dan tenggelam
  • Ambil biji yang karam saja untuk disemai. Yang terapung dan melayang tidak digunakan

Apakah media semai sudah ada? Kalau belum ada, siapkan dulu media berupa polybag kecil atau sanggup memakai cup bekas air mineral. Isi polybag dengan media semai berupa adonan tanah, pupuk kandang, dan pasir (boleh arang sekam) dengan perbandingan 1:1:1.


 Pernahkah Sobat melihat tumbuhan daun kari tumbuh sendiri tanpa ada yang merawatnya Anda Mau Menanam Daun Kari Dimana ; Di Kebun atau Dalam Pot? Begini Caranya
Bibit Daun Kari dari Biji. Gambar : Dokpri

Berikut ini cara semai biji yang sudah diperlakukan tadi.
  • Siram media semai hingga lembab
  • Tanam biji sempurna di tengah-tengah media dengan kedalaman 0,5 – 1 cm. Satu polybag, tanam 1 biji
  • Tutup kembali dengan tanah halus
  • Tempatkan pada tempat yang ternaungi dari hujan dan sinar matahari
  • Siram secara teratur setiap hari hingga bibit daun kari tumbuh (biasanya 7 hari HST sudah tumbuh)
  • Bibit siap dipindahkan jikalau sudah tumbuh dengan ketinggian 20 cm dan sudah ada minimal 4 tangkai daun

BACA JUGA ; 5 Langkah Menanam Daun Pandan Dalam Pot [Hijau dan Wangi]

2. Menyiapkan bibit daun kari dengan cara vegetatif
Selain dari biji, bibit daun kari sanggup diperoleh secara vegetatif, yaitu melalui setek batang dan cangkok. Cara vegetatif ini yaitu memanfaatkan belahan batang atau cabang atau ranting dari induk tumbuhan daun kari.
Kalau stek, belahan cabang daun kari dipotong dengan ukuran 20-30 cm, kemudian ditanam dalam media semai stek batang hingga tunas dan akarnya tumbuh.
Demikian juga dengan cangkok. Bagian cabang tumbuhan daun kari dilukai kulitnya dan dibalut dengan tanah serta dibungkus dengan plastik. Dalam waktu 30-45 hari, bibit cangkok sudah tumbuh akar dan siap dipindahkan untuk ditanam.
Kalau Sobat ingin mempelajari bagaimana cara stek batang dan cangkok, Sobat sanggup membacanya di artikel ini wacana setek (Cara Pakai Root Up pada Stek Batang biar Tumbuh Akar dan Tunas) dan artikel ini wacana cangkok (Cara Cangkok Mangga biar Cepat Tumbuh dengan Zat Pengatur Tumbuh ZPT). 

Meskipun di sana tidak khusus membahas wacana setek batang atau cangkok daun kari, namun prinsip kerjanya sama. Demikian Sobat, silahkan dipelajari.
Nah, dari 2 cara penyiapan bibit tersebut, keduanya tampak mudah asal ada batang induk dan buah tumbuhan daun kari. Tapi, alasannya hasil yang diharapkan dari tumbuhan daun kari yaitu daunnya, bukan buah,  maka bibit lebih manis dari penyemaian biji. 
ketika biji sudah mulai berkecambah dan bibit mulai tumbuh, daun kari pun sudah niscaya muncul meskipun ukurannya kecil dan jumlahnya masih sedikit. Kalau mau dipanen cepat-cepat untuk konsumsi, sudah bisa.
Bagimana dengan cara pembibitan daun kari tersebut di atas? Kalau kedua cara tersebut juga masih mengalami kesulitan, tak usah gundah dan buang kegalauan jauh-jauh. Sebab, masih ada cara ketiga yang lebih praktis, yaitu order bibit di toko online.
Di toko online, Sobat sanggup membeli bibit daun kari yang sudah tumbuh baik hasil perbanyakan generatif maupun vegetatif. Silakan Sobat cari bibit daun kari di Google, akan muncul berbagai kolam jamur di ekspresi dominan hujan.

Siapkan juga media tanam untuk menanam daun kari
Setelah bibit daun kari sudah standby dan siap untuk ditanam, apakah media tanam sudah disiapkan? Media tanam yang dimaksud disini sanggup berupa lahan luas ibarat kebun dan sanggup juga media tanam dalam pot, polybag, atau pasu.

1. Penyiapan lubang tanam (kalau menanam di kebun)
Kalau menanam daun kari di tanah langsung, mungkin mau menanam di kebun, maka lahan tersebut perlu dibersihkan terlebih dahulu sebelum dibentuk lubang tanam.
Setelah lahan tanam higienis dari semak belukar, tidak perlu dibajak atau dicangkul, cukup dibentuk lubang tanam sebanyak yang diperlukan. 


 Pernahkah Sobat melihat tumbuhan daun kari tumbuh sendiri tanpa ada yang merawatnya Anda Mau Menanam Daun Kari Dimana ; Di Kebun atau Dalam Pot? Begini Caranya
Menyiapkan lubang tanam daun kari di kebun
Gambar : Dokpri
Lubang tanam digali dengan ukuran 40 cm x 40 cm x 40 cm atau 50 cm x 50 cm x 50 cm dengan jarak tanam satu sama lainnya berkisar 7 m x 7 m atau 10 m x 10 m. Biarkan lubang tanam terbuka selama 2-4 ahad sebelum tanam.
Kemudian, campurkan 5 Kg (tergantung kesuburan) pupuk sangkar dengan tanah galian lubang tanam. Setelah dicampur, masukkan kembali ke dalam lubang tanam, dan biarkan 1 ahad biar media tanam lebih kompak.

2. Penyiapan media tanam dalam pot (kalau menanam dalam pot)
Kalau menanam daun kari dalam pot, media tanam perlu disiapkan dengan komposisi adonan materi yang baik biar tumbuhan daun kari sanggup tumbuh subur. Media tanam terdiri dari tanah kebun (ambil lapisan atas saja), pupuk kandang, dan arang sekam. Perbandingan campurannya 1:1:1.
Tetapi, kalau memakai adonan tanah, pupuk kompos, dan arang sekam, perbandingan adonan yaitu 2:1:1. Silakan dipilih mana bahan-bahan adonan yang mudah diperoleh.
Setelah media tanam dibuat, isikan ke dalam pot hingga 2/3 pot atau ¾ pot. Jangan penuh, alasannya belahan atas yang tersisa untuk menahan air biar tidak tumpah ketika disiram. Oh, iya..pastikan belahan dasar pot terdapat beberapa lubang drainase.

Menanam tumbuhan daun kari
Lubang tanam yang sudah dipersiapkan di kebun atau media tanam sudah diisi ke dalam pot, berarti sudah saatnya menanam bibit daun kari.
Berikut ini cara menanam tumbuhan daun kari.
  • Buat lubang tanam seukuran polybag bibit atau sedikit lebih besar.
  • Siram media tumbuh bibit hingga lembab
  • Lepaskan polybag dan keluarkan bibit daun kari secara hati-hati biar tanah tidak lepas dari akarnya.
  • Masukkan bibit daun kari ke dalam lubang tanam dan tutup kembali dengan tanah hingga seluruh akarnya tertutup.
  • Padatkan tanah di sekitar pangkal biar batang daun kari tidak mudah goyah/roboh.
  • Siram secukupnya.

 Pernahkah Sobat melihat tumbuhan daun kari tumbuh sendiri tanpa ada yang merawatnya Anda Mau Menanam Daun Kari Dimana ; Di Kebun atau Dalam Pot? Begini Caranya
Menanam Daun Kari di Kebun
Gambar : Dokpri

Catatan ; Khusus bibit daun kari yang ditanam dalam pot, sebaiknya tempatkan dulu pada tempat yang teduh selama 2-3 hari biar tidak stres. Sedangkan yang ditanam di kebun atau pada tanah langsung, sebaiknya juga diberi pelindung untuk sementara waktu, ya 2-3 hari.

 Pernahkah Sobat melihat tumbuhan daun kari tumbuh sendiri tanpa ada yang merawatnya Anda Mau Menanam Daun Kari Dimana ; Di Kebun atau Dalam Pot? Begini Caranya
Tanaman Daun Kari Dalam Pot. Foto : Dokpri
Perawatan tumbuhan daun kari
Supaya tumbuh subur, tumbuhan daun kari mesti rajin dirawatnya, Perawatan mencakup penyiraman, penyiangan, pemangkasan, pemupukan, dan pengendalian hama dan penyakit.
Penyiraman ; Tanaman daun kari akan tumbuh dengan baik kalau kelembaban media tumbuhnya tetap terjaga. Oleh alasannya itu, lakukan penyiraman secara rutin terutama daun kari yang ditanam dalam pot.
Sementara daun kari yang ditanam di kebun pada tanah langsung, tidak perlu dilakukan penyiraman setiap hari terkecuali tidak ada hujan dalam kurun waktu yang cukup lama, maka perlu sesekali disiram.
Penyiangan ; bersihkan gulma biar tidak berebut nutrisi antara daun kari dengan gulma. Lakukan penyiangan jikalau gulma atau rumput liar sudah mulai tumbuh.
Pemangkasan ; Tanaman daun kari mesti dilakukan pemangkasan. Selain menjaga bentuk tanaman, pemangkasan cabang atau ranting akan mer4-ngs4ng pertumbuhan ranting-ranting baru. Dengan pemangkasan, daun-daun tumbuhan akan tumbuh bertambah banyak.
Pemupukan ; Media tumbuh tumbuhan daun kari, lama-kelamaan nutrisinya akan berkurang. Oleh alasannya itu, pupuklah tumbuhan secara teratur 3 bulan sekali atau 6 bulan sekali.
Karena daun kari dipakai untuk masakan, sebaiknya tidak usah dipupuk dengan pupuk kimia. Pupuk saja dengan santunan pupuk organik berupa pupuk sangkar atau pupuk kompos.
Spesial sekali untuk tumbuhan daun kari dalam pot, 2-4 ahad sekali manis kalau disiram dengan pupuk air cucian beras atau pupuk organik cair lainnya. Sementara yang dikebun tidak perlu alasannya ketersediaan nutrisi dalam tanah relatif cukup.
Pengendalian hama dan penyakit ; Tanaman daun kari tidak terlepas dari hama dan penyakit. Banyak sekali hama yang menyukai daun penyedap ini. Hama yang sering ditemukan, yaitu ulat daun yang suka menggerogoti daun hingga tinggal tangkai daunnya saja.


 Pernahkah Sobat melihat tumbuhan daun kari tumbuh sendiri tanpa ada yang merawatnya Anda Mau Menanam Daun Kari Dimana ; Di Kebun atau Dalam Pot? Begini Caranya
Ulat Menggerogoti Daun Kari. Gambar : Dokpri

Jika terdapat hama dan penyakit, kendalikan dengan cara-cara ramah lingkungan ibarat cara mekanis (perangkap), biologis (agen hayati), atau penggunaan pestisida organik. Kalau hanya satu dua ulat, ‘kan sanggup diambil pakai tangan dan tak usah pakai semprot-semprot segala.

Panen daun kari
Sebetulnya, semenjak tumbuhan tumbuh daun-daunnya sudah sanggup dipetik atau dipanen untuk kebutuhan bumbu masak. Tapi, sebaiknya biarkan dulu tumbuhan daun kari tumbuh agak besar dan daun-daunnya sudah mulai banyak, gres dipanen. 

Itulah cara menanam daun kari baik di kebun maupun dalam pot. Selamat menanam dan salam sukses.

0 Response to "Anda Mau Menanam Daun Kari Dimana ; Di Kebun Atau Dalam Pot? Begini Caranya"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel