Ini Pupuk Dan Pemupukan Untuk Kapulaga Biar Berbuah Lebat


Pupuk untuk Kapulaga – Salah satu tumbuhan rempah yang cukup menggiurkan untuk ditanam ialah kapulaga (Elletria Cardamomum). Sebab, harga jual buah kapulaga cukup tinggi di pasaran mencapai ratusan ribu rupiah per kilogram.
Namun, yang namanya komoditas bernilai ekonomis, maka dalam budidaya kapulaga harus melewati ‘jalan berliku’ yang cukup panjang dan melelahkan alias memerlukan kesungguhan ekstra serius dan bisa menghadapi tantangannya yang mungkin hadir cukup banyak.
 Salah satu tumbuhan rempah yang cukup menggiurkan untuk ditanam ialah kapulaga  Ini Pupuk dan Pemupukan untuk Kapulaga semoga Berbuah Lebat

Hasil kapulaga berlimpah alasannya perawatan
Menanam kapulaga semoga alhasil berlimpah, tentu saja tidak semudah membalikkan telapak tangan. Tanaman kapulaga memerlukan sejumlah perawatan intensif semoga tumbuh subur dan produktif sepanjang tahun. 
Salah satu perawatan yang dihentikan diabaikan ialah pemupukan. Sebab, kalau defisiensi unsur hara di dalam tanah, baik unsur hara makro maupun unsur hara mikro, tumbuhan obat dan bumbu kuliner ini tidak menghasilkan apa-apa.

Setiap tahapan pertumbuhan, kapulaga butuh pupuk
Oleh alasannya itu, dalam menanam kapulaga, maka mulai dikala pengolahan tanah hingga dengan sesudah tanam, lahan kapulaga harus dipastikan subur. Tidak hanya cukup gembur atau banyak materi organik, tetapi juga ketersediaan zat-zat penting menyerupai nitrogen (N), fosfor (P), kalium (K), magnesium (Mg), dan unsur hara lainnya.
Bahkan, sesudah tumbuhan kapulaga dipanen pertama pada usia 2-3 tahun, pemupukan terus dilanjutkan. Sebab, usia hidup kapulaga dan produktivitasnya bisa mencapai 10-12 tahun. Jadi, pemupukan dihentikan terhenti semoga setiap tahun kapulaga bisa dipanen dengan produksi yang terus meningkat dan berlipat-lipat.

Mau kapulaga berbuah lebat ? Pupuklah
Bayangkan, apa yang terjadi kalau tumbuhan kapulaga cukup nutrisi sepanjang masa pertumbuhannya? Tentu berbuah lebat, ‘kan?. Minimal hasil yang akan dipanen bisa mencapai minimal 5 kg buah kapulaga lembap per rumpun per tahun atau 1 kg buah kapulaga kering.
Nah, berapa rupiah kira-kira ‘tuh? Ya, tinggal kalikan saja hasil panen dengan harga update di pasar, tentu alhasil luar biasa tinggi dan mungkin Sobat pun akan lebih bersemangat untuk terus merawatnya.

Pupuk dan Pemupukan tumbuhan kapulaga
Kalau demikian,  apa pupuk untuk kapulaga, kapan saja diaplikasikan semoga kapulaga berbuah lebat, dan bagaimana cara pemupukannya ?

1. Pupuk dasar sebelum menanam kapulaga
Meskipun Sobat sudah mendapat lahan yang sesuai dengan kondisi tumbuh kapulaga, menyerupai tanah yang gembur dan berhumus tinggi, namun pemupukan dasar tetap perlu diperhatikan semoga lahan tetap mendukung untuk pertumbuhan tumbuhan kapulaga.
Pupuk dasar yang diaplikasi sebelum menanam kapulaga ialah pupuk organik. Sobat bisa memakai pupuk sangkar dan bisa juga pupuk kompos, tergantung mana yang lebih gampang diperoleh.
Pupuk dasar diaplikasikan eksklusif pada lubang tanam dengan takaran pupuk organik 3-5 kg per lubang tanam, ya diubahsuaikan dengan kesuburan lahan.
Berikut cara aplikasi pupuk dasar sebelum menanam kapulaga.
  • Siapkan pupuk sangkar  (boleh diganti kompos kalau ada)
  • Campurkan tanah galian lubang tanam lapisan bawah dengan pupuk kandang
  • Masukkan kembali tanah galian lapisan atas ke dalam lubang tanam
  • Berikutnya masukkan tanah yang sudah dicampurkan pupuk
  • Biarkan lubang tanam yang telah dimasukkan adonan tanah dan pupuk selama seminggu sebelum tanam


2. Pupuk susulan tumbuhan kapulaga
Untuk menunjang pertumbuhan tumbuhan kapulaga, pemupukan sesudah tanam dilanjutkan. Pupuk susulan diberikan secara bertahap, yaitu 3 bulan sekali. Apa pupuk susulan yang anggun untuk tumbuhan kapulaga?
Pupuk susulan untuk kapulaga ada 2, yaitu pupuk organik (pupuk sangkar atau kompos) dan pupuk anorganik atau umumnya dikenal dengan pupuk kimia.

A Pupuk kimia (anorganik)
Pupuk kimia merupakan pupuk yang baik untuk kapulaga alasannya sanggup menyediakan unsur hara makro menyerupai N, P, dan K yang cepat diserap tanaman. Salah satu jenis pupuk kimia yang sering diaplikasikan ialah NPK 15:15::15.

BACA INI : Rahasia Membuat Pupuk NPK Buah 15:20:40 Tanpa Harus Membeli
Pupuk NPK 15:15:15 diberikan untuk tumbuhan kapulaga pertama sekali pada usia 1 bulan sesudah tanam. Dosis pupuk NPK ialah 30 gram per tumbuhan (rumpun). Pupuk ini diaplikasi dengan cara dibenamkan di sekeliling tanaman.
Pemupukan susulan kapulaga dilakukan setiap 3 bulan sekali dengan takaran pupuk dan cara aplikasinya yang sama. Setiap final pemupukan, jangan lupa disiram kalau aplikasi pupuk jatuh pada trend kemarau.

B. Pupuk sangkar (organik)
Selain pupuk kimia, pupuk susulan juga diaplikasikan pupuk kandang. Kita tau bahwa pupuk sangkar merupakan pupuk terbaik untuk menyuburkan tanah dan tumbuhan kapulaga. Kapan diaplikasi pupuk sangkar untuk pupuk susulan kapulaga?

BACA JUGA : Cara Agar Pupuk Kandang Tidak Bau dan Praktis Diaplikasikan ke Lahan
Setiap kali dilakukan penggemburan tanah di sekeliling tumbuhan kapulaga, perlu ditambahkan sedikit pupuk organik. Dosisnya, 1-2 kg pupuk sangkar per tanaman. Cara aplikasi, ya ditaburkan di sekeliling tumbuhan kapulaga dan ditutup kembali dengan tanah.
Pupuk sangkar juga diberikan secara teratur setiap tahun sekali dengan takaran 10 kg per tumbuhan kapulaga. Dosis pemupukan pupuk organik ini sanggup ditingkatkan setiap tahun sesuai dengan usia tanaman, produktivitas tanaman,  dan kondisi kesuburan tanah.

C Pupuk cair (opsional)
Untuk menunjang kesuburan dan produksi buah kapulaga, boleh juga setiap 3-6 bulan sekali diaplikasikan dengan pupuk cair. Aplikasi pupuk cair ini baik, tetapi hanya opsional (pilihan saja). Sebab, dengan aplikasi pupuk cair melalui daun, tumbuhan kapulaga yang kurang optimal peresapan unsur hara melalu akar, akan terbantu dan tumbuh subur.

BACA JUGA : Cara Membuat Pupuk Air Cucian Beras untuk Nutrisi Tanaman
Itulah pupuk dan pemupukan untuk tumbuhan kapulaga. Jika aplikasi pupuk pada setiap tahapan pertumbuhannya tidak terlupakan dan diikuti dengan perawatan lainnya yang baik dan benar, maka kapulaga akan tumbuh subur dan berbuah lebat.

0 Response to "Ini Pupuk Dan Pemupukan Untuk Kapulaga Biar Berbuah Lebat"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel