Menanam Labu Siam Dimana Saja, Bisakah Dan Gimana Caranya?


Cara Menanam Labu Siam – Kalau pernah jalan-jalan ke tempat yang suhu udaranya hambar menyerupai ke Berastagi di Provinsi Sumatera Utara, Aceh Tengah di Provinsi Aceh, dan tempat lainnya, Sobat mungkin pernah melihat tumbuhan labu siam yang tumbuh subur di sana. Ada yang sengaja ditanam di perkarangan rumah dan banyak juga yang tumbuh dengan sendirinya di kebun-kebun.
Sebetulnya, labu siam gampang sekali tumbuh ketika ditanam dimana saja. Tetapi, alasannya ialah rasa penasaran, menyisakan tanda tanya, apakah labu siam sanggup tumbuh di tempat yang suhu udaranya panas atau di dataran rendah? Kalau sanggup tumbuh, bagaimana cara menanam labu siam?


jalan ke tempat yang suhu udaranya hambar menyerupai ke Berastagi di Provinsi Sumatera Utara Menanam Labu Siam Dimana Saja, Bisakah dan Gimana Caranya?

Nah, artikel ini akan menjawab rasa ingin tau itu biar teman-teman tidak lagi “membatin” ketika tertarik ingin menanam labu siam. Namun, sabar dulu, Sob. Kita kenal dulu dengan sebutan lain nama labu siam dan untuk apa bahwasanya kegunaan labu siam itu.

Mengenal labu siam sebelum menanam
Labu siam kalau dari nama ilmiah dikenal dengan Sechium Edule. Tanaman yang termasuk dalam famili labu-labuan (Cucurbitaceae) ini banyak nama yang menempel padanya. Misalnya, labu siam sering disebut dengan labu jipang, waluh jipang, dan sebutan lainnya.
Tanaman sayuran labu siam tumbuh merambat dengan buahnya yang berwarna kuning, hijau muda, hingga hijau tua. Buahnya berbentuk lingkaran menyerupai lampu pijar yang menggantung dan mempunyai bulu-bulu halus nan tajam serta ada alur-alurnya.
Buah jipang ini sedap untuk dijadikan sayur atau lalapan. Tidak hanya buah yang dimanfaatkan, namun pucuk labu siam yang masih muda pun bermanfaat menyerupai untuk disayur.
Yang menarik lagi dari labu siam ialah kandungan gizinya yang sangat berkhasiat untuk kesehatan, salah satunya sanggup mencegah kanker. Bukan hanya anti kanker, labu siam ternyata juga sanggup menurunkan tekanan darah tinggi dan menjaga kadar kolestrol dalam tubuh.
Wow, melihat keuntungannya itu, semakin menarik nih untuk menanam labu siam di perkarangan rumah he..he..😅 Ya, minimal, hasil panen labu siam sanggup untuk kebutuhan dapur sendiri alias konsumsi sendiri bersama keluarga.

Syarat tumbuh labu siam
Agar tidak ragu menanamnya, yuk kita lihat dulu apa sih syarat-syarat tumbuh labu siam. Labu siam suka tumbuh dan produktivitasnya tinggi kalau ditanam pada dataran tinggi (900-1100 dpl).
Suhu udara yang hambar dan lembab, baik pada siang hari maupun malam hari, merupakan kondisi yang amat disukainya. Selain itu, labu siam menghendaki tanah untuk tempat tumbuhnya yang subur, gembur, banyak materi organik, sedikit berpasir, dan juga banyak humusnya.

Labu siam tumbuhan adaptif 
Meskipun syarat-syarat yang terlihat ketat sekali, tapi labu siam termasuk tumbuhan sayuran yang adaptif dan sanggup tumbuh dimana saja. Artinya, labu siam masih mau tumbuh kalau ditanam pada dataran rendah walau memang harus diakui bahwa produktivitasnya tidak setinggi dengan yang tumbuh di dataran tinggi.
Labu siam tumbuh ‘gak di dataran rendah? Tumbuh dunk alasannya ialah beberapa syarat tumbuh sanggup diatasi. Misalnya, dari sisi kesuburan tanah kalau ditanam pada dataran rendah, ini gampang sekali dimanipulasi sehingga mirip-mirip dengan struktur dan kesuburan tanah yang dikehendaki.
Demikian juga dengan kelembaban, biar tercipta kelembaban untuk pertumbuhan labu siam, maka anggun sekali kalau bersahabat labu siam ada bak atau sumber air lainnya baik yang tergenang maupung yang mengalir.
Bahkan, labu siam cukup adaptif terhadap ekspresi dominan tanam. Labu siam sanggup ditanam pada ekspresi dominan kemarau dan tidak ada hambatan kalau ditanam pada ekspresi dominan hujan. Yang penting ialah tersedia cukup air untuk pertumbuhannya.

Labu siam ditanam biji atau buahnya?
Untuk bibit labu siam sanggup berasal dari bijinya dan sanggup juga dari buahnya. Namun, secara umum, bibit labu siam untuk ditanam di perkarangan ataupun di kebun dipergunakan buah labu siam yang sudah tua.
Cara pembibitan labu siam dari buah yang sudah bau tanah sebelum ditanam menyerupai ini
  • Pilih buah labu siam yang sudah tua, tapi sehat, tidak terluka, dan tidak busuk
  • Cuci hingga higienis buah labu siam dari kotoran yang menempel pada kulitnya
  • Tiriskan/angin-anginkan sebentar hingga air cucian pada permukaan kulitnya mengering
  • Simpan buah labu siam pada tempat yang lembab dan tidak terkena sinar matahari langsung
  • Jika sudah mulai tumbuh tunas sekitar 25-30 cm, bibit labu siam sudah sanggup dipindahkan untuk ditanam
jalan ke tempat yang suhu udaranya hambar menyerupai ke Berastagi di Provinsi Sumatera Utara Menanam Labu Siam Dimana Saja, Bisakah dan Gimana Caranya?
Bakal Bibit Labu Siam
Gambar : Dokpri

Penyiapan lahan untuk menanam labu siam
Hal yang utama sebelum menanam labu siam ialah menyiapkan lahan sebagaimana mestinya. Tanah diolah dengan cara dibajak atau dicangkul sehingga media tumbuhnya gembur.
Lahan untuk menanam labu siam boleh tanpa menciptakan bedengan dan boleh juga ada bedengan. Yang perlu dipastikan lahan ada kanal drainase biar pembuangan air berlebihan lancar sehingga tidak menggenangi lahan ketika hujan lebat.
Setelah itu, buat lubang tanam dengan ukuran 40 cm x 40 cm x 20 cm (panjang x lebar x kedalaman). Lubang tanam dibentuk dengan jarak tanam 5 m antar barisan dan 3 m jarak tanam dalam barisan.
Oh iya, kalau Sobat hanya menanam satu atau dua bibit tanaman, maka yang perlu disiapkan ialah lubang tanam saja. Tidak harus memakai mesin traktor untuk mengolah tanah untuk satu dua lubang tanam..haa..ha..😅

Pupuk dasar untuk labu siam
Okay, selanjutnya ialah derma pupuk dasar. Apa pupuk dasar labu siam? Aplikasikan pupuk sangkar (kalau ada pupuk kompos) sebagai pupuk dasar pada ketika menyiapkan lubang tanam.
Cara aplikasi pupuk dasar labu siam
  1. Gali lubang tanam
  2. Campurkan 3-5 Kg pupuk sangkar dengan tanah galian tersebut. Aduk secara merata
  3. Masukkan kembali tanah yang telah diberikan pupuk sangkar ke dalam lubang tanam
  4. Biarkan lubang tanam tersebut selama seminggu sebelum menanam labu siam


Menanam labu siam
Bibit yang sudah tumbuh tunasnya segera ditanam ke dalam lubang tanam yang telah disiapkan. Boleh menanam ketika kemarau dan boleh juga ekspresi dominan hujan.
Begini cara menanam labu siam
  1. Gali lubang tanam yang telah berisi pupuk sangkar dengan ukuran sedikit lebih besar dari buah labu siam
  2. Masukkan bibit labu siam dengan posisi terbalik (lihat gambar di bawah), setengah cuilan tertanam dan setengah cuilan terbuka sebagai tempat tumbuh tunas.
  3. Tutup kembali dengan tanah tipis saja di sekelilingnya, tapi jangan menutupi tunasnya (biarkan terbuka cuilan yang di atas permukaan tanah)
  4. Siram secukupnya hingga media tanam lembab
jalan ke tempat yang suhu udaranya hambar menyerupai ke Berastagi di Provinsi Sumatera Utara Menanam Labu Siam Dimana Saja, Bisakah dan Gimana Caranya?
Posisi Letak Bibit Labu Siam Ketika Ditanam
Gambar : Dokpri


jalan ke tempat yang suhu udaranya hambar menyerupai ke Berastagi di Provinsi Sumatera Utara Menanam Labu Siam Dimana Saja, Bisakah dan Gimana Caranya?
Cara Menanam Bibit Labu Siam
Gambar : Dokpri

Membuat para-para untuk labu siam
Setelah labu siam mulai tumbuh, segera persiapkan para-para tempat merambatnya. Ketinggian para-para dibentuk setinggi +/- 2,5 meter. Di atas para-para diberikan anyaman bambu atau anyaman kawat menyerupai kawat bronjong. Satu hal lagi, pastikan terdapat tiang panjat (ajir) pada setiap lubang tanam labu siam.

Pemupukan susulan labu siam
Untuk menunjang pertumbuhan labu siam, maka perlu pemupukan susulan. Ketika labu siam sudah berumur 3 ahad dan 8 minggu, aplikasikan pupuk NPK. Ini mirip-mirip dengan pemupukan susulan labu air atau labu sayur
BACA JUGA : Kombinasi Pupuk Ini ; Labu Air Berbuah Lebat dan Berisi Padat

Pupuk susulan I (umur labu siam 3 minggu) ; Dosisnya 25 gram NPK per lubang tanam.

Pupuk susulan II (umur labu siam 8 minggu) ; Dosisnya sama dengan pupuk susulan I, yaitu 25 gram NPK per lubang tanam.

Cara aplikasi pupuk susulan labu siam begini
  1. Gali lubang secara melingkar di sekeliling tumbuhan sedalam 5-10 cm dan jauhnya dari batang kira-kira 15 cm
  2. Masukkan pupuk dan tutup kembali dengan tanah
  3. Siram segera biar pupuk cepat larut dan segera sanggup diserap oleh tanaman

Penen labu siam
Labu siam cepat sekali berbunga dan berbuah kalau kondisi tumbuhnya cocok. Dalam waktu 3 bulan sehabis tanam sudah berbuah dan sanggup dipanen.
Panen dilakukan secara hati-hati biar buah tidak jatuh sehingga melukai kulitnya. Potong tangkai buah dengan memakai pi-s4u ketika memanennya.
Masa tumbuh labu siam lebih lama, mencapai 2-3 tahun. Oleh alasannya ialah itu, supaya sanggup dipanen terus-menerus,  maka ketika tumbuhan sudah kurang produktif atau kira-kira sudah berusia 2 tahun, lakukan peremajaan dengan cara memangkas batangnya sehingga tinggal +/- 1 meter dari permukaan tanah. Berikan pupuk sangkar dan NPK biar subur dan segera produktif kembali.
Itulah cara menanam labu siam. Labu jipang ini sanggup ditanam pada dataran tinggi dan rendah. Agar produksinya tinggi, lakukan perawatan dengan baik menyerupai mengurangi daun-daun yang terlalu rimbun, memotong ujung-ujung pucuknya yang menjalar kemana-kemana dan juga pemupukan yang tepat.

0 Response to "Menanam Labu Siam Dimana Saja, Bisakah Dan Gimana Caranya?"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel