Pupuk Untuk Tanaman Cabai Di Polybag Yang Sempurna ; Tumbuh Subur Dan Berbuah Lebat


Pupuk untuk Tanaman Cabe di Polybag -- Menanam cabai memang cukup menarik apalagi harganya yang sering sekali ‘pedas’ alis mahal. Karenanya, bagi sebagian orang yang lahannya terbatas, menentukan menanam cabai di polybag. Meskipun di polybag, tidak menjadi hambatan kalau tumbuhan cabai dirawat dengan baik dan benar terutama sekali pemupukan.

Cabai di polybag sanggup tambah income
Selain untuk konsumsi sendiri, tumbuhan cabai di polybag atau pot punya nilai lain, yaitu menambah estetika atau keindahan rumah. Bahkan, andai ditanam dalam jumlah banyak dan dipupuk dengan baik, produksi buah cabai di polybag sanggup dijual untuk menambah income rumah tangga.

 Menanam cabai memang cukup menarik apalagi harganya yang sering sekali  Pupuk untuk Tanaman Cabe di Polybag yang Tepat ; Tumbuh Subur dan Berbuah Lebat

Banyak jenis cabai sanggup ditanam di polybag
Tidak hanya cabai merah keriting yang sanggup ditanam di polybag, tetapi hampir semua varietas cabai sanggup tumbuh dengan baik di media terbatas (polybag), termasuk cabai rawit. Asalkan diberikan pupuk yang tepat, buah pun akan lebat dan sanggup jadi berkali lipat.

Syarat tumbuh bukan hambatan menanam cabai di polybag
Menanam cabai di polybag menjadi pilihan banyak orang alasannya tidak ada hambatan dengan syarat tumbuh ini dan itu. Tidak menjadi halangan dengan sinar matahari alasannya polybag cabai sanggup ditempatkan pada lokasi yang terkena sinar. Tidak terkendala dengan air, Sobat sanggup menyiramnya untuk menjaga kelembaban media tumbuh.
Demikian juga dengan waktu, waktu menanam pun sanggup kapan saja. Tanaman cabai di polybag sanggup ditanam pada trend kemarau dan tidak ada dilema kalau mau tanam pada trend hujan

Tanaman cabai di polybag butuh perawatan, terutama pupuk
Yang terpenting biar tumbuhan cabai di polybag tumbuh subur dan produktif yaitu perawatan, menyerupai penyiraman, penyiangan, perempelan, pengendalian hama/penyakit, dan juga pemupukan.

BACA JUGA : Tips Merawat Cabai Rawit dan Peremajaannya biar Panen Berulang Kali
Memang pupuk untuk tumbuhan cabai yang ditanam di tanah eksklusif tidak jauh berbeda dengan rabuk untuk tumbuhan cabai di polybag. Namun, perlu dicatat dan hati-hati dalam pemupukan alasannya media tumbuh cabai di polybag sangat terbatas.


 Menanam cabai memang cukup menarik apalagi harganya yang sering sekali  Pupuk untuk Tanaman Cabe di Polybag yang Tepat ; Tumbuh Subur dan Berbuah Lebat
Gambar Bibit Cabai Rawit di Pot. Gbr : Dokpri

Karena terbatasnya media tumbuh, maka solusinya yaitu perlu pemupukan yang tepat. Misalnya, berapa takaran pupuk, kapan dipupuk, seberapa sering dipupuk, dan bagaimana cara pemupukan apakah dibenamkan atau dikocor atau disiram.
Kita paham bahwa pupuk yang diberikan terlalu banyak ke dalam media tumbuh cabai di polybag akan menyebabkan terganggu pertumbuhannya. Konsentrasi pupuk dalam media tumbuh yang tinggi, akan merusak sel-sel akar tumbuhan cabai sehingga cabai lambat laun layu dan karenanya mati.
Bahkan, pupuk yang diberikan untuk cabai di polybag akan gampang sekali hilang, terutama tercuci akhir dari penyiraman ataupun hujan.
Oleh alasannya itu, jikalau pemupukan tidak tepat, maka pupuk tersebut akan menjadi “bencana” atau sanggup jadi tidak berarti apa-apa untuk pertumbuhan dan produktivitas cabai di polybag.

Apa pupuk untuk tumbuhan cabai di polybag?
Baik, apa pupuk dan bagaimana pemupukan tumbuhan cabai dipolybag biar tumbuh subur dan berbuah lebat? Pemupukan tumbuhan cabai yang akan ditanam di polybag sudah dimulai semenjak masa penyemaian benih, penyiapan media tanam, dan kemudian pemupukan susulan.

A. Pupuk untuk cabai ketika penyemaian
Meskipun jarang yang bertanya pupuk pada dikala penyemaian benih, sebenarnya nutrisi tumbuhan cabai sudah harus mulai diperhatikan semenjak dini. Sebab, jikalau nutrisi cukup tersedia untuk pertumbuhan vegetatif bibit cabai, maka sanggup dipastikan bibit cabai tumbuh subur dan sehat.
Jadi, dengan pertumbuhan bibit cabai subur dan sehat di persemaian, maka ketika dipindahkan atau ditanam ke dalam polybag,  akan cepat tumbuh dan berkembang. Selain itu, bibit cabai yang sehat, relatif jauh dari serangan hama dan penyakit.

BACA JUGA : 4 Cara Praktis Memindahkan Bibit Cabe dari Persemaian ke Lahan Tanam
Apa pupuknya pada tahap penyemaian benih cabai? Pupuknya dalah pupuk organik, yaitu pupuk sangkar atau pupuk kompos. Selain itu, untuk memacu pertumbuhan bibit, ditambah pupuk NPK
Jika benih disemai dalam tray atau polybag semai, maka pupuk sangkar dicampur dengan media semai lainnya dengan perbandingan 1:1:1. Artinya, 1 pecahan pupuk sangkar dicampurkan dengan 1 pecahan pasir dan 1 pecahan tanah.
Campurkan juga pupuk NPK yang telah dihaluskan ke dalam gabungan media semai tersebut sebanyak 0,1 – 0,25 gram per tray atau polybag (isi tray atau polybag +/- 25 ml gabungan materi media semai)
Seandainya media semai cabai yaitu berupa bedengan atau berupa kotak kayu, maka tambahkan 3-5 kg pupuk sangkar dan 10-20 gram NPK per 1 m2 satuan luas (meter persegi).

B. Pupuk untuk tumbuhan cabai ketika menciptakan media tanam
Media tanam yang akan dimasukkan ke dalam polybag berupa bahan-bahan yang bernutrisi. Ini bertujuan  agar tumbuhan cabai sanggup segera menyerap unsur hara yang tersedia pada dikala ditanam.
Oleh alasannya itu, dari komposisi media tanam cabai yang dibuat, maka salah satunya yaitu pupuk sangkar atau kompos. Sekadar citra saja, media tanam untuk menanam cabai di polybag salah satunya terdiri dari gabungan pupuk kandang, sekam padi, dan tanah dengan perbandingan 1:1:1.
Masih ada lagi pupuk untuk cabai di polybag sebagai pupuk dasar ketika menciptakan media tanam, yaitu pupuk KCL dan SP-36. Pupuk kimia ini ditambahkan ke dalam media tanam sebanyak 1 sendok teh per polybag. Perbandingan pupuk KCL dengan SP-36 yaitu 1:1.
Setelah semua materi media tanam dicampurkan secara merata, biarkan selama 1 ahad sebelum tanam.

C. Pupuk susulan untuk tumbuhan cabai di polybag
Seperti disinggung di awal artikel ini, pemupukan tumbuhan cabai di media terbatas menyerupai polybag harus tepat. Pupuk dilarang diberikan sekaligus dalam satu waktu dengan takaran tinggi alasannya sanggup meracuni dan mengganggu pertumbuhan tumbuhan cabai.
Akan tetapi, tumbuhan cabai di polybag mesti sering-sering dipupuk dengan takaran rendah biar pupuk tidak terbuang alasannya pembersihan baik alasannya disiram atau hujan.
Apa pupuk susulan untuk cabai di polybag? Untuk fase pertumbuhan awal, yaitu untuk pertumbuhan vegetatif tumbuhan cabai, maka pupuknya yaitu pupuk yang mengandung nitrogen (N) menyerupai pupuk urea ataupun pupuk ZA.
Pupuk susulan fase vegetatif ; Satu ahad sesudah tanam (7 HST), tumbuhan cabai di polybag sudah sanggup dipupuk dengan pupuk urea (mau pakai ZA silakan). Dosisnya, 10 gram urea untuk 40 tumbuhan cabai di polybag atau 0,25 gram per polybag.
Cara aplikasi pupuk susulan tumbuhan cabai di polybag sebagai berikut.
  • Larutkan sebanyak 10 gram urea ke dalam 10 liter air
  • Siram sebanyak 250 ml per media tumbuh cabai di polybag
BACA JUGA : Rahasia Aplikasi Pupuk Dasar Tanaman Cabe yang Tepat biar Berbuah Lebat dan Sehat
Lakukan pemupukan menyerupai ini setiap 1 ahad sekali hingga menjelang tumbuhan cabai di polybag masuk fase generatif atau pembungaan.
Pupuk susulan fase generatif ; Memasuki masa pembungaan atau +/- 40 hari sesudah tanam, berikan pupuk NPK 15:15:15 untuk tumbuhan cabai dengan takaran 0,125 gram per polybag. Pemupukan dilakukan seminggu sekali.
Cara aplikasi pupuk susulan untuk tumbuhan cabai menjelang pembungaan menyerupai berikut ini
  • Larutkan sebanyak 5 gram NPK ke dalam 10 liter air
  • Siram/kocor sebanyak 250 ml per media tumbuh cabai di polybag

Pemupukan pada fase generatif sanggup ditingkatkan dosisnya sesuai dengan umur tanaman. Dosis pupuk ditingkatkan secara sedikit demi sedikit mulai 0,125 gram – 0,75 gram per polybag.
Cukupi unsur hara mikro tumbuhan cabai di polybag
Selain pemupukan dengan pupuk akar, yaitu urea maupun NPK yang dilakukan dengan penyiraman/pengocoran, aplikasi juga pupuk daun setiap 2 ahad sekali dengan cara penyemprotan.
Dengan aplikasi pupuk daun, tumbuhan cabai di polybag akan tercukupi unsur-unsur hara baik makro dan mikro. Dengan demikian, tumbuhan cabai akan tumbuh subur dan berbuah lebat.
Pupuk daun yang diaplikasi pada fase vegetatif berbeda dengan pupuk daun pada fase generatif. Pada fase vegetatif, gunakan pupuk daun yang banyak mengandung unsur hara N. Sedangkan pada fase generatif, gunakan pupuk daun yang tinggi unsur hara P dan K.
Itulah pupuk untuk tumbuhan cabai di polybag biar tumbuh subur dan berbuah lebat. Lakukan perawatan dengan baik menyerupai penyiangan, penyiraman, perempelan, dan pengendalian hama dan penyakit supaya tumbuhan cabai tumbuh dan berkembang dengan baik.

0 Response to "Pupuk Untuk Tanaman Cabai Di Polybag Yang Sempurna ; Tumbuh Subur Dan Berbuah Lebat"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel