Alasan Mengapa Flora Harus Dipupuk Dan Apa Pengaruhnya

Segala makhluk hidup mebutuhkan nutrisi dan makanan biar sanggup hidup dengan baik, termasuk juga dengan tumbuhan yang memerlukan nutrisi yang cukup biar sanggup bermetabolisme secara sempurna. Salah satu sumber nutrisi untuk tumbuhan yaitu pupuk, baik itu pupuk organik ataupun non organik ibarat pupuk NPK.

Apakah tumbuhan itu harus dipupuk? Bisa jadi harus dan sanggup juga tidak, tergantung bagaimana kondisi tumbuhan tesebut. Misal kalau tumbuhan terlihat kurang sehat yang disebabkan defisiensi pupuk dan media tanam unsurharanya tidak mencukupi kebutuhan tumbuhan maka harus segera dipupuk. Tapi kalau tumbuhan itu terlihat subur dan unsuhara pada media sudah padat, maka tidak ada keharusan untuk memperlihatkan pupuk.

contoh pertolongan pupuk pada tumbuhan durian

Pupuk dasar yang penting untuk tumbuhan yaitu pupuk organik yang perlu diberikan pada media sebelum media ditanami tanaman. Sedangkan pupuk anorganik sanggup diberikan sesudah tumbuhan berusia minimal 1 bulan sesudah tanam.

Contoh Pupuk Organik 
1. Pupuk Kandang (baik dari kotoran sapi, kambing dan ayam)
2. Pupuk Hijau
3. Bokasi dll.

Contoh Pupuk Anorganik
NPK mutiara (mengandung nitrogen, fosfor dan kalium)
NPK phonska dll.

Tanaman membutuhkan banyak sekali macam unsurhara untuk menunjang metabolisme yang baik dan unsuhara sanggup diperoleh dengan pertolongan pupuk. Unsurhara yang diharapkan oleh tumbuhan tebagi menjadi dua macam berdasakan jumlah kebutuhannya yaitu unsurhara makro dan mikro.

Unsurhara Makro 
Nitrogen, fosfor dan kalium (NPK) yaitu zat hara yang diharapkan tumbuhan dengan kadar lebih banyak dari zat hara yang lain. Nitrogen untuk pertumbuhan vegetatif ibarat daun, fosfor untuk pertumbuhan akar dan tunas, kalium untuk pembungaan dan pembuahan.

Unsurhara Mikro 
Unsurhara mikro diharapkan tumbuhan dalam jumlah sedikit namun amat penting untuk tetap tersedia bagi tanaman. teladan unsur hara mikro molibedenum (Mo), besi (Fe), boron (B), seng (Zn), mangan (Mn), tembaga (CU), khlor (Cl).

Alasan Mengapa Tanaman Perlu Dipupuk 
Tujuan ketika menanam suatu tumbuhan yaitu untuk memperoleh hasil yang sesuai dengan ekspektasi/ sasaran yang sudah di rencanakan dan biar tumbuhan sanggup memperlihatkan hasil yang di inginkan maka  kita harus memperlihatkan apa yang diharapkan tumbuhan dan salah satu kebutuhan tumbuhan yaitu unsurhara yang cukup.

Pengaruh Pupuk Bagi Tanaman
Tanaman yang kebutuhan nutrisinya cukup di tunjang dengan kondisi lingukungan yang sesuai maka tumbuhan akan tumbuh subur, sehat dan cepat menghasilkan buah atau bunga. Namun kalau tumbuhan kekurangan unsurhara/nutrisi maka akan tumbuh tidak normal, tumbuhan kerdil dan tidak menghasilkan buah yang baik.

0 Response to "Alasan Mengapa Flora Harus Dipupuk Dan Apa Pengaruhnya"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel