Apa Itu Organisme Dan Misalnya

Organisme berdasarkan wikipedia ialah kumpulan molekul-molekul yang saling mempengaruhi sehingga berfungsi secara stabil dan mempunyai sifat hidup. Kalau dalam pengertian yang sederhana organisme ialah makhluk hidup yang tersusun dari satu atau banyak sel yang saling mempengaruhi sehingga mempunyai fungsi untuk keberlangsungan kehidupan. 

Makara jikalau ada yang bertanya oganisme itu apa? Jawab aja oganisme ialah makhluk hidup yang tersusun dan satu atau banyak sel yang saling berafiliasi sehingga bisa menunjang kehidupannya. Seperti yang kita tahu makhluk hidup di muka bumi ini ialah manusia, hewan, tumbuhan dan mikro organisme (bakteri, alga dll) kesemuanya ialah Organisme.

Tanaman ialah salah satu pola organisme

Ciri-Ciri Organisme Secara Umum
1. Membutuhkan Nutisi/Makanan 
2. Bernafas
3. Bergerak
4. Tumbuh
5. Berkembang biak
6. Peka terhadap rangsang
7. Beradaptasi, serta terdapat susunan kimia
8. Mengeluarkan zat sisa 

Ciri-ciri diatas tidak semuanya berlaku untuk seluruh organisme, lantaran ada oganisme yang tidak sanggup melaksanakan salah satu ciri di atas misalkan kuman tidak bernafas tetapi memakai jalur kimia lain, ada organisme yang tidak bisa begerak secara independen dan ada juga oganisme yang tidak sanggup berkembang biak walaupun spesiesnya sama. 

Ngomong-ngomong soal makanan, seluruh organisme membutuhkan kuliner untuk sanggup hidup, tahukah Anda jikalau kalau organisme itu di klasifikasikan menjadi dua berdasarkan bagaimana ia mempeoleh makanan, yaitu : 

Organisme Autotrof dan Contohnya
Organisme autotrof ialah organisme yang bisa membuat/menyediakan makanannya sendiri dari materi anorganik yang tersedia di alam. Kalau berdasarkan wikipedia nih organisme yang sanggup mengubah materi anorganik menjadi organik dengan santunan energi menyerupai energi cahaya matahari dan kimia. Contohnya tumbuhan hijau dengan memanfaatkan Co2 dan sinar matahari melaksanakan fotosintesis sehingga sanggup memperoleh makanan. 

Organisme Heterotrof dan Contohnya
Organisme yang tidak sanggup menciptakan makanannya sendiri. Oleh lantaran itu, untuk memenuhi kebutuhan makanannya, organisme ini bergantung pada organisme lain. Organisme heterotrof mencakup konsumen dan dekomposer. Pengetian berdasarkan wikipedia adalah organisme yang membutuhkan senyawa organik di mana karbon diekstrak untuk pertumbuhannya. 

Organisme heterotrof dikenal sebagai "konsumer" atau tidak sanggup menciptakan kuliner sendiri dalam rantai kuliner dan hanya bergantung pada yang lain. Sebagian besar makhuk heterotrof ialah parasit. Yang termasuk ke dalam heterotrof ialah semua hewan, jamur dan bakteri.

Hewan ialah Organisme heterotrof yang dibagi menjadi 3 jenis berdasakan jenis makananya, yaitu : 

Herbivora :  yaitu binatang pemakan tumbuhan. Contoh herbivora ialah kambing, sapi, kelalawar buah, belalang, rusa dan lainnya.

Karnivora : yaitu binatang pemakan daging. Contoh karnivora ialah kucing, hiu, harimau, serigala,  beruang, elang dan lain-lain.

Omnivora :  yaitu binatang pemakan segala, baik tumbuhan maupun daging. Contoh omnivora ialah tikus dan musang, ayam. 

Apakah insan tergolong Omnivora, jawabannya bisa Anda tebak sendiri ya, demikian isu yang membahas wacana apa itu organisme dan contohnya, saya sebagai penulis sangat yakin jikalau goresan pena ini masih perlu pembenahan, oleh lantaran itu bagi pembaca yang mempunyai saran dan kritikan yang membangun sekiranya berkomentar untuk meningkatkan kualitas artikel. Terimakasih dan biar bermanfaat. 

0 Response to "Apa Itu Organisme Dan Misalnya"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel