Cara Menanam Tomat Dan Jenis-Jenis Buah Tomat

 tomat memiliki peranan yang sangat penting Cara Menanam Tomat dan Jenis-jenis Buah Tomat
Cara Menanam Tomat dan Jenis-jenis Tomat - Dalam kehidupan sehari-hari, tomat memiliki peranan yang sangat penting. Karena itu, kita pun sudah tidak absurd lagi dengan tomat. jika kita penasaran cara menanam tomat kita harus mengetahui telrebih dahulu ciri-ciri tomat sebelumnya supaya tidak keliru dengan tumbuhan lainnya, ciri-cirinya adalahsebagai berikut:

1. Ciri-ciri Tanaman Buah Tomat
a. Berbentuk perdu, kecuali tomat liar yang tumbuh menjalar,
b. Berumur lebih dari setahun,
c. Berakar tunggang.
d. Berbatang bersegi dan berbulu halus,
e. Bunganya berbentuk terompet kecil dan berwarna kuning,
f. Buahnya berbentuk bulat, lingkaran pipih, dan ada juga yang menyerupai bola lampu,
g. Buahnhya berdaging dan mengandung banyak air, dan
h. Daunnya bercelah dengan tulang daun menyirip.

2. Jenis-jenis Buah Tomat
Ada beberapa jenis tomat yang dikenal oleh masyarakat. Beberapa jenis di antaranya niscaya pernah kau makan, baik yang dimakan secara eksklusif maupun yang dipakai sebagai bumbu masak. Berikut ini jenis tomat-tomat tersebut.

a. Tomat apel (Solanum lycopersium L.pyriforme)
Tomat jenis ini berbuah lingkaran dan sedikit keras menyerupai apel atau pir.

b. Tomat sayur atau tomat porselin (Solanum lycopersicum l commune)
Tomat sayur atau porselin berbuah lingkaran pipih, lunak, dan bentuknya tidak teratur. Tomat ini banyak dijual dipasar.

c. Tomat kentang (Soalnum lycopersicum L grandifolium)
Tomat jenis ini berbuah lingkaran besar dan padat. Ukuran buah tomat ini lebih kecil dari tomat apel dan berdaun lebar.

d. Tomat keriting (solanum lycopersicum L. validum)
Tomat jenis ini berbentuk agak lonjong dank eras, sedangkan daunnya rimbun keriting dan berwarna hijau kelam.

3. Bertanam Tomat
Tanaman tomat sanggup tumbuh, baik di dataran rendah maupun dataran tinggi. Jenis tomat apel lebih baik ditanam di dataran tinggi, sedangkan jenis tomat sayur lebih baik ditanam di dataran rendah. Jadi, sebelum kau bertanam tomat, lebih baik tentukan dahulu lahan yang akan ditanami, apakah berupa dataran rendah atau dataran tinggi.

Ketika kau akan menanam tomat, carilah tanah yang subur dan sedikit mengandung pasir. Hal ini alasannya yaitu tomat menyukai tanah menyerupai ini. Namun, tanah liat yang mengandung sedikit pasir sangat tidak disukai tumbuhan ini. Selain itu, tumbuhan tomat ternyata tidak tahan terhadap hujan. Jadi, kau lebih baik tidak menanam tomat pada ketika ekspresi dominan hujan.

Tomat dikembangbiakkan dengan bijinya. Sebelum kau menanam tomat disemaikan terlebih dahulu. Tanah yang akan dijadikan persemaian dicangkul dan diberi pupuk kandang. Biji tomat ditaburkan berbaris dengan jarak antar baris 5 cm. Ketika kau menaburkan biji tomat ini, lakukanlah dengan hati-hati dan tipis-tipis di atas tanah persemaian. Setelah 5-7 hari disemaikan, biji tomat akan tumbuh. Setelah berumur 2 minggu, bibit dari persemaian dipindahkan ke dalam kantong plastik.

Lahan yang akan dipakai untuk bertanam tomat dicangkul. Kemudian, buatlah beberapa lubang. Setiap lubang diberi pupuk kandang. Setelah satu bulan, pindahkanlah tumbuhan tomat yang ada di kantong plastic. Setelah itu, kau sanggup menutupi tumbuhan tomatmu dengan dedaunan atau pelapah pisang. Hal ini dilakukan semoga sanggup mencegah panas matahari atau air hujan. Baru sesudah 3-4, hari kau sanggup membuka tutupnya. Setelah itu, jangan lupa diberi pupuk.

Seperti halnya manusia, tumbuhan juga suka sakit. Penyebabnya yaitu serangan hama dan penyakit. Hama yang sering menyerang tomat, di antaranya ulat dan cacing. Adapun cendawan, bakteri, dan virus merupakan penyebab penyakiut pada tumbuhan tomat. Penyakit pada tumbuhan tomat cepat menyebar. Jadi, kau harus berhati-hati. Perhatikan selalu tumbuhan tomatmu semoga terhindar dari penyakit dan menghasilkan buah yang baik.

Pencegahan terhadap penyakit semoga tidak menyebar yaitu dengan cara mencabut dan mengkremasi tumbuhan yang sakit. Dengan demikian, penyebab penyakitnya akan mati dan tidak akan mengganggu tanamanmu lagi.

Setiap kita menanam, niscaya saat-saat yang ditunggu-tunggu yaitu ketika tumbuhan berbuah dan buahnya sudah masak. Banarkan? Rasanya puas ketika melihat tumbuhan yang kita tanam berbuah banyak dan siap dipetik.

0 Response to "Cara Menanam Tomat Dan Jenis-Jenis Buah Tomat"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel