Dahsyatnya Manfaat Furadan 3Gr Untuk Multi Tanaman Yang Perlu Anda Tau


Manfaat Furadan 3GR – Diantara banyak jenis insektisida, Furadan 3GR menjadi cukup popular di kalangan petani. Sebab, manfaat furadan ini sudah dirasakan dan tidak perlu diragukan lagi. Furadan 3GR  sangat efektif mengendalikan hama tumbuhan ibarat nematoda (bengkak akar), ulat, semut, cacing, bekicot, dan lain sebagainya.
Ketika hama berhasil dikendalikan dengan furadan, manfaat yang sesungguhnya didambakan petani dan terlihat terang dengan bola mata, yaitu tumbuhan tumbuh subur dan produktivitas pun tidak menurun.


GR menjadi cukup popular di kalangan petani Dahsyatnya Manfaat Furadan 3GR untuk Multi Tanaman yang Perlu Anda Tau
Butiran Furadan 3GR. Gambar : Dokpri

Apakah tumbuhan yang Sobat tanam diserang nematoda/puru akar, semut, berkicot, orong-orong, ulat grayak, uret, penggerek batang, dan jenis organisme pengganggu tumbuhan (OPT) lainnya? Jika ya, tunggu apa lagi! Kendalikan dengan aplikasi Furadan 3GR pada lahan tanam.
Bukan hanya hama pada tumbuhan cabai, tomat, atau jagung, tetapi hama pada banyak sekali jenis tumbuhan lainnya, Furadan 3GR bisa ‘mengusirnya’ dengan mengandalkan r4_c_un kimia yang terkandung dalam insektisida tersebut.
Namun, sebelum lebih jauh melihat manfaat furadan untuk tanaman, kita kuak dulu diam-diam keampuhannya.  ‘Tenaga dalam’ apa bahu-membahu yang dikandung furadan sehingga bisa mem_b0n0h setiap hama atau OPT yang mencoba ‘menghantam’ wilayah ‘pertahanan’ tumbuhan 😅.

Furadan 3GR
Furadan 3GR merupakan jenis insektisida dan sekaligus nematisida yang berbentuk granular/butiran (GR) dan berwarna ungu kebiru-biruan.
Selain sifat fisik tersebut, Furadan 3GR berbahan aktif karbofuran. Kandungan senyawa karbamat ini (karbofuran) sekitar 3%. Jadi, sifatnya beracun sehingga bisa mengendalikan hama yang mengganggu tanaman.
Kalau dilihat dari sisitim kerja furadan memang sangat dahsyat sebab tergolong insektisida sistemik selain kontak langsung. Maksud dari sistemik ini yakni dimana zat beracun dari furadan diserap oleh akar tanaman, kemudian tersebar ke seluruh jaringan atau organ tanaman.
Jadi, furadan bisa mem_b0n0h hama dengan r4_c_unnya yang mem4tikan. Jika cacing, ulat, oteng-oteng, berkicot, dan lainnya terkena materi aktif furadan atau ada serangga memakan penggalan tumbuhan ibarat daun atau buah, maka dalam sekejap akan terkapar.

Manfaat Furadan untuk Tanaman
Karena Furadan 3GR merupakan pestisida (insektisida + nematisida), maka sudah tentu punya manfaat untuk multi jenis tanaman. Berikut ini manfaat Furadan 3GR untuk tanaman.
  • Secara umum bermanfaat untuk mengendalikan hama yang mengganggu tanaman
  • Untuk pengendalian hama pada tumbuhan pangan
  • Dapat juga diaplikasikan untuk pengendalian hama pada tumbuhan hortikultura dan perkebunan
  • Bermanfaat juga untuk mengendalikan hama pengganggu tumbuhan hias
  • Tanaman tumbuh sehat dan subur sebab tanpa gangguan hama pada akar sehingga sanggup menyerap nutrisi dengan baik
  • Produktivitas tumbuhan tidak menurun sebab tumbuhan jauh dari serangan hama
  • Pertumbuhan bibit di persemaian lebih optimal sebab bebas dari serangga, berkicot, cacing, dan lain sebagainya.


Kelebihan dan kekurangan Furadan Aplikasi Furadan 3GR
Selain manfaat ibarat di atas, apa sesungguhnya laba lainnya dan kerugian Furadan 3GR baik untuk tanaman, lahan, dan lingkungan?

Kelebihan Furadan 3GR
  • Karena bentuknya granular/butiran, aplikasinya menjadi mudah, yaitu dengan cara ditabur.
  • Efektif mengendalikan hama tumbuhan sebab sistim kerja sistemik
  • Efektif juga mengendalikan hama di dalam tanah ibarat nematoda dan orong-orong
  • Dapat disimpan lebih usang dan tidak cepat rusak
  • Efektif mengendalikan hama penggorok daun dan penggerek batang sebab sanggup diserap oleh akar dan didistribusikan ke seluruh jaringan atau organ tanaman
  • Efektif mengendalikan hama penggerek daun ibarat oteng-oteng
  • Dapat mengendalikan hama bekicot/siput pada tumbuhan tomat, semangka atau timun
  • Efektif untuk mengendalikan hama uret/penggerek batang pada tumbuhan padi dan jagung


Kekurangan Furadan 3GR
Meskipun insektisida furadan mempunyai segudang kelebihan, namun kalau dilihat lebih jauh tentu ada kekurangannya, baik dari sisi aplikasi maupun dampak terhadap lingkungan.
  • Aplikasi ke tumbuhan hanya sanggup dilakukan dengan cara disebar/tabur pada tanah sebab bentuknya butiran. Dengan kata lain, tidak bisa diaplikasi dengan semprot.
  • Residu atau sisa dari racun karbofuran dalam jaringan tumbuhan bertahan relatif lama. Karenanya, sangat disayangkan jikalau diaplikasi pada tumbuhan sayuran yang berumur pendek sebab beresiko terhadap kesehatan saat sayuran tersebut dikonsumsi.
  • Berdampak negatif terhadap kesuburan tanah karena racun karbofuran sulit terurai dalam tanah. Racun tersebut lambat-laun akan mengancam kehidupan organisme tanah, khususnya mikroorganisme pengurai materi organik dalam tanah akan ikut terbunuh.
  • Berdampak negatif terhadap kesehatan insan jikalau aplikasinya tidak dilakukan dengan hati-hati dan tidak mengikuti petunjuk keamanan untuk melindungi diri ibarat memakai sarung tangan, topeng, masker dan lainnya.


Jenis tumbuhan dan hama sasaran
Baik, memang cukup efektif memakai Furadan 3GR untuk mengendalikan hama yang menyerang tanaman. Kalau demikian, jenis tumbuhan apa dan hama apa saja yang menjadi sasaran dari Furadan tersebut?
Berikut ini jenis tumbuhan dan hama sasaran yang sanggup diaplikasikan dan terkendali dengan Furadan 3GR.
  • Cabai : Nematoda/puru akar, orong-orong, bekicot/siput
  • Padi : Ulat grayak, uret, larva kaper, penggerek batang
  • Tomat : Nematoda/puru akar, orong-orong, bekicot/siput, ulat, oeteng-oteng/kutu kuya
  • Semangka : Bekicot, orong-orong, penggerek daun, penggerek batang, oteng-oteng/kutu kuya,
  • Kubis : Ulat grayak, Perusak daun (Crocidolomia binotalis dan Plutella xylostella)
  • Kacang hijau : Perusak daun, ulat grayak, oteng-oteng, orong-orong
  • Timun : Bekicot, oteng-oteng, ulat
  • Tembakau : Penggerek pucuk (Heliothis sp.) dan Ulat grayak (Spodoptera litura)
  • Tebu : Penggerek batang (Chilo auricilius dan C.saccharipagus)
  • Jagung : Penggerek batang
  • Dan lain sebagainya.

Untuk isu lebih lengkap dan detail dengan takaran aplikasinya, Sobat bisa baca dikemasannya.

Cara Aplikasi Furadan untuk Tanaman
Kalau Furadan 3GR sudah ada di tangan Sobat, pertanyaan selanjutnya yakni bagaimana cara aplikasinya?  Cara aplikasinya cukup mudah, yaitu dengan menabur butiran-butiran Furadan pada media tanam baik pada media tanam lahan yang luas maupun terbatas ibarat tumbuhan dalam pot.
Pada kemasan Furadan 3GR sudah lengkap dengan takaran dan luasan lahan, Sobat bisa membacanya sebelum menaburkan ke lahan tanam.
Namun demikian, sekadar isu untuk aplikasi pada media tanam dalam pot, dosisnya diadaptasi dengan ukuran pot. Kalau ukuran pot agak kecil, cukup satu sendok teh saja, tetapi kalau pot agak besar, dosisnya 1 sendok makan per media tanam dalam pot. Intinya, sesuaikan takaran dan ukuran pot dan jangan over takaran 😅
Itulah sekilas manfaat dari furadan khususnya Furadan 3GR. Meskipun terlihat amat dahsyat keuntungannya dan efektif untuk pengendalian hama yang mengganggu tanaman, namun penggunaannya kalau diharapkan saja dan selalu mengikuti petunjuk petugas/penyuluh setempat. Gunakan Furadan 3GR sebagai solusi selesai atau sebagai ‘se_nj4_t4 pamungkas’ saat ledakan hama sudah tidak sanggup lagi dikendalikan dengan cara-cara mekanis, biologis, atau penggunaan pestisida organik yang ramah lingkungan.

0 Response to "Dahsyatnya Manfaat Furadan 3Gr Untuk Multi Tanaman Yang Perlu Anda Tau"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel