Menanam Sereh Dalam Air, Memanfaatkan Sisa Bumbu Dapur


Ngak tahu ini apa dapat di sebut juga tumbuhan sereh hidroponik atau bukan yang aku tahu system hidroponik itu proses penanamannya memakai air namun untuk tumbuhan sereh yang terang tidak untuk selamnya hanya di gunakan untuk kebutuhan singkat.

Awal mulanya aku sendiri tidak niat untuk menanam sereh dengan air, alasannya yakni kelebihan waktu beli sereh untuk bumbu dapur al hasil sisa bumbu ini terpaksa layu alasannya yakni usang tidak di pakai lagi singkat dongeng aku punya fikiran untuk merendamnya dengan memakai air  aku pikir tumbuhan lain aja dapat tumbuh di air mengapa sereh tidak dan terbukti dapat tumbuh juga.

Lanjut ke topic selanjutnya mungkin para pembaca goresan pena ini ingin tahu bagaimana cara proses penanamannya dengan mnggunkaan air walaupun bergotong-royong caranya sudah aku upload duluan di chanel youtube aku di www.youtube.com/inspirasipertanian di chanel itu anda bias melihat videonya.

Namun yang hemat kuota aku buatkan tulisannya biar lebih hemat heheheh…

Ini biasanya ibu – ibu yang sering begini yang suka beli sereh kadang lebih dan alasannya yakni ngak kepakek kesudahannya kering dan giliran mau makek lagi sereh dah kering kerontang dan jadinya harus beli lagi lagi atau sisa program kan terkadang beli banyak dan pada selesai program sereh masih banyak terakdang pribadi di buang aja ngak mikirin bahwa esok atau kapan butuh lagi dan pada waktu butuh sereh sudah kering dan mungkin sudah hilang entah ke mana.

Untuk itu aku buatkan tutorial sederhananya biar gampang di pahami dan gampang untuk di coba..

Cara Menanam Sereh Dalam Pot Dengan Media Air

Baiklah untuk mempermudah penjelasannya aku akan buat semudah mungkin prosesnya.

1. Siapkan wadahnya dapat menggukanan bekas air mineral potong bab atas kira – kira pemotongan dengan tinggi 10 cm

2. Isi dengan air biasa setengahnya saja

3. Potong sereh kalau kepanjangan sisakan daunnnya sedikit saja karna nanti akan tumbuh daun baru.

4. Setelah itu masukkan sereh kedalam botol air mineral yang sudah di potong dan sudah terisi air.

5. Tutup sereh dengan memakai plastic bening atau botol lain hingga sereh mulai tumbuh tunas baru, penutupan ini berfungsi biar sereh tidak layu terkena sinar matahari secara langsung.

6. Setelah sereh mulai tumbuh tunas, buka penutup.

7. Biarkan saja hingga tumbuh, cek secara terjadwal kalau air berkurang selalu di tambah.

8. Pemberian air jagan terlalu berlebih jagan hingga sereh terendam alasannya yakni akan busuk.

Cara ini dapat di aplikasikan dengan benar dalam 2 ahad saja sudah akan terlihat daun- daun gres pada sereh tersebut dan akar tumbuhan sereh akan mulai keluar, tunas gres akan terlihat terlebih dahulu sebelum akar keluar.

Namun perlu di ingat cara ini tidak untuk selamnya dikala sereh sudah tumbuh lebat sebaiknya di pidah tanam ke lahan saja biar pertumbuhannya semakin maksimal cara ini lebih di utamakan untuk semntara saja biar lebih infinit dan dalam waktu bersahabat akan di gunakan lagi jadi kita tidak perlau membeli lagi dan tidak harus mencabut sereh di lahan kalau ingggin menggunakannya lagi
Semoga warta ini bias berkhasiat bagi yang membutuhkan, dan selamat mencoba dan semoga bias bermanfaat.

0 Response to "Menanam Sereh Dalam Air, Memanfaatkan Sisa Bumbu Dapur"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel