Wortel Tumbuh Subur Bila 2 Jenis Pupuk Dasar Ini Anda Tebarkan Ke Lahan (+ Tip)


Pupuk Dasar untuk Wortel – Apakah lahan yang akan Anda gunakan untuk budidaya wortel (Daucus carota L) sudah memenuhi syarat tumbuh, yaitu gembur dan subur? Jika belum, maka Anda mesti menyuburkan lahan dengan aplikasi pupuk dasar terlebih dulu sebelum menanamnya.
Meskipun di dalam tanah sudah mengandung materi organik dan unsur-unsur hara, namun secara umum tidak bisa diandalkan kalau menginginkan produksi wortel optimal.

 Apakah lahan yang akan Anda gunakan untuk budidaya wortel  Wortel Tumbuh Subur Jika 2 Jenis Pupuk Dasar Ini Anda Tebarkan ke Lahan (+ Tip)
Wortel. Gambar : Pixabay/klimkin
Apalagi lahan yang secara terus menerus digunakan untuk budidaya tanaman, sudah tentu persediaan nutrisinya menjadi semakin rendah karena dari waktu ke waktu terus terkuras untuk meningkatkan hasil produksi tanaman
Bahkan, lahan yang sering digunakan untuk menanam, stuktur tanah pun sudah kurang gembur. Kondisi ibarat ini terang sekali kurang mendukung untuk menanam wortel yang umbinya memanjang ke bawah menembus rongga-rongga dan partikel tanah.

Pupuk dasar memilih pertumbuhan wortel
Oleh alasannya itu, kalau Anda menanam wortel, aplikasikan pupuk awal sebelum tanam. Sebab, pupuk dasar sangat memilih pertumbuhan dan produktivitas tumbuhan wortel.
BACA : 9 Cara Menanam Wortel yang Berpotensi Tinggi Produksinya
Dengan memperlihatkan nutrisi tanah jauh-jauh hari sebelum tanam, tanah lebih remah dan subur sehingga bisa ‘memberi makan’ kepada tumbuhan wortel.

Pupuk dasar untuk wortel ; jenis dan cara aplikasinya
Ada dua jenis pupuk dasar yang digunakan untuk menyuburkan lahan wortel,  yaitu pupuk organik dan anorganik. Yang satu berperan memperbaiki struktur tanah dan yang satu lagi untuk menambah zat makanan berupa unsur hara. Dengan demikian, lahan tanam wortel sanggup dipastikan gembur dan subur.
Secara spesifik, apa pupuk dasar untuk wortel? Simak yuk klarifikasi pemupukan pertama kali untuk tumbuhan wortel sebelum tanam ibarat berikut ini.

1. Aplikasikan pupuk sangkar minimal 3 ahad sebelum menanam wortel
Untuk memacu pertumbuhan awal tumbuhan wortel ketika Anda tanam, maka pupuklah lahan dengan pupuk sangkar sebelum menanamnya. Jika ada pupuk kompos akan lebih anggun lantaran nutrisinya lebih tinggi.
Namun, kalau pertimbangan sisi biaya dan praktis, pupuk sangkar lebih murah dan gampang diperoleh. Untuk kadar nutrisi, ya beda-beda tipislah, tapi keduanya, pupuk sangkar dan kompos, sanggup memperbaiki sifat-sifat tanah.
Dosis pupuk kandang
Dalam satu hektar lahan, Anda mesti menyiapkan 15 ton pupuk sangkar untuk membangunkan kesuburan lahan tanam wortel. Dengan kata lain, takaran pupuk sangkar sebagai pupuk dasar tumbuhan wortel ialah 1,5 kg/m2. Atau, dalam 1 meter persegi luas lahan, diharapkan pupuk sangkar sebanyak 1,5 kg.
Sebagai pupuk dasar, pupuk sangkar diaplikasikan lebih cepat atau jauh-jauh hari sebelum menanam. Pupuk ini diaplikasikan bersamaan dengan penyiapan lahan. Jadi, minimal 3 ahad sebelum menanam wortel, pupuk sangkar sudah dibenamkan pada lahan.
Mengapa pupuk sangkar mesti cepat diaplikasikan?
Mengapa harus lebih awal di berikan pupuk sangkar pada lahan tanam wortel? Ini bertujuan semoga agar acara mikroorganisme atau biodekomposer dalam tanah meningkat sehingga bahan-bahan organik pun terurai dengan baik. Selain itu, semoga terbentuk agregat tanah dengan anggun sehingga tanah lebih gembur, poros, dan aeratif.
Cara aplikasi pupuk sangkar untuk pupuk dasar wortel, yaitu dengan cara menebarnya pada lahan yang sebelumnya sudah diolah, kemudian dicampur dengan tanah tersebut hingga merata. Biarkan hingga dengan 2 minggu.

2. Aplikasikan juga pupuk kimia minimal 1 ahad sebelum menanam wortel
Selain pupuk kandang, pupuk kimia pun perlu Anda sebarkan sebagai pupuk dasar wortel. Pupuk kimia menyediakan unsur hara makro untuk tumbuhan wortel berupa nitrogen (N), fosfor (P), dan kalium (K).
Jenis pupuk kimia yang diaplikasikan pada ketika penyiapan lahan tanam wortel, bahwasanya bisa pupuk beragam dan boleh juga pupuk tunggal. Yang penting pupuk tersebut mengandung kadar nutrisi yang cukup untuk pertumbuhan wortel nantinya.
Namun, dalam artikel ini kita fokus saja pada pupuk tunggal sebagai pupuk dasar wortel. Ada 3 jenis pupuk tunggal yang disebarkan pada lahan tanam, yaitu ZA, SP-36, dan KCL. Dosis masing-masing pupuk tersebut secara berurutan ialah 100 kg/ha (10 gram/m2), 150 kg/ha (15 gram/ m2), 50 kg/ha (5 gram/ m2).
BACA JUGA : 2 Manfaat Pupuk ZA Dibalik 2 Kelemahannya untuk Tanaman
Kapan diaplikasikan pupuk-pupuk tersebut? Anda taburkan sehabis aplikasi pupuk kandang, atau minimal 1 ahad sebelum menanam wortel semoga pupuk cepat larut dan siap diserap akar tumbuhan wortel. Cara aplikasi cukup mudah, cukup tebarkan pada bedengan, kemudian campurkan secara merata dengan tanah.

Ringkasan pupuk dasar wortel
Jadi, semoga lebih gampang diingat, pupuk dasar untuk wortel ibarat berikut ini.
Pupuk sangkar ; 15 ton/ha atau 1,5 kg/ m2
ZA ; 100 kg/ha atau 10 gram/m2
SP-36 ; 150 kg/ha atau 15 gram/ m2
KCl ; 50 kg/ha atau 5 gram/ m2
Demikian pupuk dasar untuk wortel. Aplikasikan pupuk-pupuk tersebut sebelum menanam wortel semoga pertumbuhannya lebih subur. Jangan hingga wortel yang Anda tanam tumbuh tanpa umbi lantaran ‘kelaparan.’  

Tip menyuburkan lahan sebelum tanam wortel
 Apakah lahan yang akan Anda gunakan untuk budidaya wortel  Wortel Tumbuh Subur Jika 2 Jenis Pupuk Dasar Ini Anda Tebarkan ke Lahan (+ Tip)
Lahan. Gambar : Pixabay/MonikaP
Setelah menebarkan pupuk sangkar pada lahan tanam wortel, sebaiknya semprotkan tanah tersebut dengan pupuk organik cair (POC) yang mengandung mikroorganisme dekomposer.
Ini supaya proses dekomposisi materi organik dalam tanah, termasuk pupuk sangkar yang Anda aplikasikan, menjadi lebih baik. Dengan cara ibarat ini, lahan lebih gembur, subur, dan tentu saja banyak unsur hara tersedia untuk tumbuhan wortel.
Anda bisa aplikasikan aneka POC, baik yang Anda beli maupun hasil produksi sendiri ibarat POC air cucian beras. Yang penting tersedia bioaktivator di dalamnya sebagai dekomposer materi organik. Bahkan, Anda bisa gunakan EM4 untuk menyemprot lahan wortel. 
BACA JUGA : Cara Membuat Pupuk Air Cucian untuk Nutrisi Tanaman

0 Response to "Wortel Tumbuh Subur Bila 2 Jenis Pupuk Dasar Ini Anda Tebarkan Ke Lahan (+ Tip)"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel