Gak Risau Lagi, Ini 8 Cara Semai Biji Markisa Biar Cepat Tumbuh


Cara Semai Biji Markisa untuk Bibit –Kalau Anda ingin mencicipi betapa segar dan manisnya buah markisa hasil budidaya sendiri, ya Anda mesti tanam dulu. Tunggu 3-4 bulan, Anda tinggal petik-petik saja buah markisa di rumah.
Mungkin ketika ini Anda sedang memikirkan bagaimana cara stek flora markisa. Lupakan itu sejenak, Anda tidak usah risau dan pusing dengan bibit markisa. Sebab, Anda sanggup menanam markisa dari biji langsung, kuk. Atau, Anda semai dulu biji markisa, jikalau sudah tumbuh besar, gres bibit markisa ditanam pada lahan yang sudah disiapkan.
Tanaman yang dikenal di luar negeri dengan nama passion fruit, buahnya lingkaran menyerupai telur, dan rasanya asam bercampur manis, cukup praktis tumbuh asalkan ditanam pada tanah yang subur, gembur, dan punya drainase yang baik.

Perbanyakan bibit markisa melalui biji
Bibit flora markisa cukup praktis didapatkan, salah satunya dengan cara menyemai biji markisa. Nah, alasannya yaitu perbanyakan bibit markisa melalui biji cukup praktis dilakukan, jangan tunda lagi cita-cita Anda untuk menanam markisa.
Tapi, apakah Anda sudah mengerti cara menyemai biji markisa? Kalau belum dan masih risau, simak yuk cara perbanyakan bibit markisa secara generatif, yaitu melalui biji menyerupai berikut ini.

1. Siapkan buah markisa untuk diambil bijinya
Kalau Anda ingin mencicipi betapa segar dan manisnya buah markisa hasil budidaya sendiri Gak Risau Lagi, Ini 8 Cara Semai Biji Markisa Supaya Cepat Tumbuh
Buah Markisa. Gambar : Pixabay/Staffan Ekstrand
Sebetulnya, untuk mendapat bibit markisa yang berkualitas, maka kita harus mengenal pohon induk markisa yang akan kita buah dan bijinya. Dengan terang kriteria pohon induknya, maka bibit markisa yang ditanam akan tumbuh sehat, subur, dan produktif.
Sebab, syarat-syarat pohon induk markisa yang akan diambil buahnya untuk dijadikan bibit menyerupai berikut ini.
  • Pohon induk markisa sudah berumur lebih dari 3 tahun
  • Jenis markisa unggul
  • Rasa buahnya enak dan manis
  • Tumbuh subur dan sehat
  • Sudah pernah berbuah dan tidak pernah berhenti berbuah
  • Buahnya lebat

Namun, jikalau Anda sulit menemukan pohon induk, maka cara yang paling praktis dengan membelinya di pasar. Walaupun buah markisa dari pasar, Anda harus cukup selektif dalam membeli markisa untuk diambil bijinya.
Kriteria buah markisa yang Anda beli di pasar sebagai berikut.
  • Pilih buah markisa cukup tua
  • Kulitnya terlihat segar
  • Buahnya tidak cacat, bernoda, dan berlubang
  • Tidak busuk


2. Pisahkan biji markisa dan basuh lendirnya hingga bersih
Kalau Anda ingin mencicipi betapa segar dan manisnya buah markisa hasil budidaya sendiri Gak Risau Lagi, Ini 8 Cara Semai Biji Markisa Supaya Cepat Tumbuh
Biji Markisa. Gambar : Pixabay Esther Merbt

Mungkin tidak semua buah markisa akan diambil bijinya. Jadi, Anda belah buah markisa sesuai dengan banyaknya biji yang akan disemai. Cara membelahnya dengan cara melingkar sempurna di tengah-tengah buah markisa.
Ambil biji markisa dan kumpulkan pada wadah yang telah disediakan menyerupai ember atau kantong plastik. Biji-biji tersebut harus dibersihkan terlebih dulu dari lendir-lendir yang masih lengket pada bijinya.
Berikut ini cara membersihkan lendir dari biji markisa.
  • Campurkan biji markisa dengan bubuk dapur. Atau, Anda sanggup juga gunakan karung goni yang kasar.
  • Remas-remas biji markisa hingga semua lendir lepas. Jika memakai goni, gosok-gosok hingga lendir lepas
  • Cuci biji markisa hingga higienis dengan air yang mengalir
  • Keringkan biji markisa dengan cara diangin-anginkan.


3. Siapkan media semai dan polybag untuk menyemai biji markisa
Kalau Anda ingin mencicipi betapa segar dan manisnya buah markisa hasil budidaya sendiri Gak Risau Lagi, Ini 8 Cara Semai Biji Markisa Supaya Cepat Tumbuh

Anda sanggup menyemai dengan memakai wadah semai, yaitu polybag. Pilih polybag dengan ukuran diameter 10-15 cm. Kelebihan memakai polybag, Anda sanggup membesarkan bibit markisa di polybag hingga siap pindah ke lahan tanam.
Untuk media semai biji markisa, bahannya diracik dari adonan tanah, pupuk kompos, dan pasir. Perbandingan adonan tersebut yaitu 2:2:1. Artinya, 2 penggalan tanah dicampur dengan 2 penggalan pupuk kompos dan 1 penggalan pasir.
Media semai dimasukkan ke dalam polybag hingga dengan 2/3 tinggi polybag. Kemudian disiram hingga lembab.

4. Semai biji markisa
Setelah media semai sudah siap, selanjutnya tibalah pada kiprah menyemai biji markisa. Bagaimana cara menyemainya? Berikut ini cara menyemai biji markisa di polybag.
  • Benamkan biji markisa sempurna di tengah-tengah media semai dalam polybag. Kedalaman menanam biji kira-kira 1-1,5 cm.
  • Tutup biji dengan tanah halus dari media semai
  • Basahi sedikit saja media dengan mengguna sprayer

5. Tempatkan media semai pada area ternaungi
Polybag yang sudah disemai biji markisa, ditempatkan pada daerah yang ternaungi terutama dari hujan dan sinar matahari penuh.
Meskipun demikian, usahakan pelindung sanggup tembus sinar matahari, namun intensitas cahaya yang masuk rendah. Untuk atap pelindung yang sanggup masuk sinar, Anda sanggup gunakan paranet atau daun-daun kelapa bau tanah atau materi lainnya.

6. Rawat bibit markisa yang sudah tumbuh
Kalau Anda ingin mencicipi betapa segar dan manisnya buah markisa hasil budidaya sendiri Gak Risau Lagi, Ini 8 Cara Semai Biji Markisa Supaya Cepat Tumbuh
Ilustrasi Bibit Markisa dari Biji. Gambar : Pixabay/Abel Domínguez
Setelah biji markisa tumbuh, Anda tetap merawatnya dengan rutin semoga tumbuh subur dan sanggup cepat dipindahkan ke lahan tanam.
Jaga kelembaban media tumbuh bibit markisa dengan cara menyiramnya. Anda juga perlu memupuknya selama bibit masih dalam polybag. Pemupukan bibit markisa dengan cara pengocoran/penyiraman pupuk NPK .
Caranya, larutkan 10 gram NPK dalam 10 liter air. Siram setiap bibit markisa sebanyak 100 ml larutan pupuk NPK. Jadi, untuk 10 liter larutan NPK yang dibuat, sanggup menyiram sebanyak 100 bibit markisa di polybag.
Ulangi pemupukan setiap 2 ahad sekali dengan cara yang sama hingga dengan usia bibit 3 bulan. Sebab, sehabis 3 bulan, bibit markisa sudah siap untuk ditanam.
Usai sudah ulasan cara menyemai biji markisa. Bagaimana, praktis sekali, bukan? Jadi, dengan menyemai biji, Anda sudah punya bibit markisa untuk ditanam di rumah ataupun di kebun. Selamat mencoba, semoga berhasil. Salam

0 Response to "Gak Risau Lagi, Ini 8 Cara Semai Biji Markisa Biar Cepat Tumbuh"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel