Yuk Intip Segudang Kelebihan Pupuk Npk Tablet Untuk Tanaman Anda


Pupuk NPK Tablet – Dalam dunia pupuk, kita mengenal 2 bentuk pupuk, yaitu padat dan cair. Pupuk padat pun masih terbagi lagi dalam bentuk butiran, kristal, tepung, dan juga tablet. Nah, dalam artikel ini, kita coba mengintip khusus dengan pupuk NPK tablet.
Apa kelebihan dan tumbuhan apa saja yang cocok dipupuk dengan NPK tablet? Kekurangan pupuk ini apa, harga NPK tablet berapa, cara aplikasi bagaimana, dan sejumlah hal lain yang menciptakan kita masih ingin tau dengan pupuk ini. Simak yuk informasi selengkapnya.

 Pupuk padat pun masih terbagi lagi dalam bentuk butiran Yuk Intip Segudang Kelebihan Pupuk NPK Tablet untuk Tanaman Anda
Gambar : Dokpri

Petani sudah lihat sendiri bukti dampak NPK Tablet 
Banyak petani cerdas sudah memakai NPK tablet untuk memupuk tanaman. Sebab, mereka sudah melihat bukti sendiri dampak santunan NPK tablet terhadap pertumbuhan dan peningkatan produksi tanaman.
NPK berbentuk pil atau kapsul ini cukup berbeda dengan NPK butiran biasa. Pupuk NPK tablet tidak hanya mengandung tri unsur N, P, dan K, melainkan juga ada unsur-unsur hara makro sekunder. Bahkan, umumnya pupuk ini diperkuat dengan trace element (TS) berupa unsur-unsur hara mikro.
Sayangnya, meskipun NPK tablet cukup ‘bergengsi’ dengan segala kandungannya, secara umum belum sanggup diaplikasikan untuk tumbuhan sayuran berumur pendek alasannya ialah bersifat menyerupai pupuk slow release.
BACA JUGA : Kenali Dulu Pupuk Slow Release Sebelum "Terlanjur" Memupuk Tanaman
Kebanyakan NPK berbentuk gentel (bulatan menyerupai pil) cukup efektif diaplikasikan untuk tumbuhan buah berumur tahunan, tumbuhan perkebunan, tumbuhan hias, dan juga tumbuhan kehutanan/industri. Sebab, sekali memupuk dengan NPK tablet, sanggup menjadi nutrisi tumbuhan yang tetap tersedia untuk jangka waktu lebih lama. Jadi, cukup efektif dan efisien perannya.
Sebelum kita melihat contoh-contoh pupuk NPK tablet, kita lihat dulu kelebihan dan kekurangan dari pupuk NPK yang diproduksi dalam bentuk tablet.

Kelebihan pupuk NPK tablet
  • Mengandung unsur hara lengkap, yaitu N, P, K dan Unsur hara makro sekunder Mg, Ca, dan S serta diperkaya dengan unsur-unsur hara mikro atau trace elements (Bo, Mn, Fe, Cu, Co, Zn, dan Mo)
  • Penyerapan unsur hara oleh tumbuhan lebih efisien
  • Cukup gampang dan simpel untuk diaplikasi di lapangan
  • Menghemat waktu pemupukan alasannya ialah cukup 1-2 kali pemupukan saja dalam setahun
  • Memudahkan petani dalam menghitung takaran pupuk alasannya ialah berbentuk tablet. Jadi, cukup dengan menghitung jumlah tablet yang diperlukan per tanaman.
  • Dapat menghemat jumlah orang dan biaya pemupukan.
  • Transportasi dan penyimpanannya sangat mudah
  • Sangat cocok diaplikasi hampir untuk semua jenis tumbuhan termasuk tumbuhan industri


Kekurangan Pupuk NPK tablet
Memang yang namanya produk made in manusia, tentu ada kekurangan. Demikian juga dengan NPK tablet. Namun, kekurangan itu masih sanggup diatasi di lapangan.
  • Kebutuhan kadar masing-masing pupuk tidak sanggup diwakili dengan pupuk NPK tablet saja. Tapi ini bukan kendala, alasannya ialah kekurangan unsur hara tertentu sanggup diatasi dengan cara kombinasikan dengan pupuk tunggal.
  • Harganya relatif mahal, namun dalam aplikasi tampak lebih hemat alasannya ialah pupuk tidak diaplikasi setiap ketika dan tidak terbuang dalam aplikasinya alasannya ialah dibenamkan di sekitar tanam.
  • Kurang cocok diaplikasi untuk tumbuhan semusim, sayuran berumur pendek menyerupai bayam, bawang merah, dan lainnya. Karena tumbuhan menyerupai ini butuh pupuk yang fast release (cepat dilepaskan dan tersedia). Sedangkan NPK Tablet, umumnya dirancang slow release agar perembesan oleh tumbuhan lebih efisien.


Manfaat Pupuk NPK tablet untuk tanaman
Kalau banyak kelebihan tentu saja manfaat dari nutrisi NPK model tablet cukup banyak. Berikut ini manfaat NPK tablet.
  • Karena unsur haranya lengkap, maka pupuk ini sanggup meningkatkan produksi dan kualitas hasil panen
  • Tanaman menjadi lebih adaptif terhadap perubahan lingkungan menyerupai trend kemarau
  • Tanaman kebal terhadap serangan hama dan penyakit
  • Tanaman tumbuh subur dan tidak gampang kekurangan unsur hara alasannya ialah pupuk ini melepaskan hara sesuai kebutuhan tanaman.


Jenis-jenis tumbuhan yang cocok diaplikasi pupuk NPK tablet
Apa saja tumbuhan yang sempurna dipupuk dengan pupuk NPK tablet? Sebetulnya, semua tumbuhan cocok dengan NPK tablet, tetapi - sekali lagi - kurang sempurna jikalau dipakai untuk tumbuhan semusim/sayuran berumur singkat.
Beberapa jenis tumbuhan yang lazim dipupuk dengan pupuk NPK tablet, Jeruk, Mangga, Nanas, Pisang, Durian, Manggis, Pepaya, Kopi, Kelapa, Sawit, Jati, dan lain sebagainya. Bahkan, tumbuhan hias dan tabulampot pun cocok dipupuk dengan NPK tablet.
BACA JUGA : Buka Rahasia ; Cara Jitu Membuahkan Mangga Dalam Pot Tanpa Mengenal Musim

Cara aplikasi Pupuk NPK Tablet
Seperti ulasan di atas, salah satu kelebihan dari pupuk NPK tablet, yaitu gampang dalam hal aplikasinya. Benar sekali, memang pupuk NPK tablet ini diaplikasikan dengan cara membenamkan tablet di sekeliling tanaman. sesuai dengan takaran untuk masing-masing jenis tanaman.
Berikut cara aplikasi NPK tablet untuk tanaman
  • Tentukan dulu jenis tumbuhan apa yang akan dipupuk
  • Lihat petunjuk/anjuran berapa takaran pemupukan untuk tumbuhan tersebut (misalnya 10 tablet/tanaman)
  • Buat lubang di sekeliling tumbuhan sebanyak jumlah tablet yang akan dibenamkan. Kedalaman lubang sekitar 10-15 cm.
  • Masukkan pupuk NPK tablet sesuai dosis
  • Tutup kembali dengan tanah


Contoh-contoh Pupuk NPK Tablet
Cukup banyak jenis pupuk wa bil khusus pupuk NPK tablet yang diproduksi oleh industri pupuk. Ini tentu saja untuk mendorong peningkatan produksi tumbuhan pertanian.
Berikut ini 2 saja pola (maaf hanya untuk pola saja, buka maksud promosi) pupuk NPK pil atau tablet yang sudah hadir dan beredar di pasaran.

1. Pupuk NPK Tablet Jeranti
Pupuk NPK tablet Jeranti merupakan pupuk yang diproduksi oleh PT. Pupuk Kujang. Pupuk berbentuk tablet ini mempunyai kandungan NPK dengan formula 18-10-14-2S+TE, dengan ukuran tablet 10 gram. Bukan hanya tumbuhan buah, tapi Anda juga sanggup memupuk tumbuhan industri dengan NPK yang satu ini.

2. Pupuk NPK Tablet Gramafix Buah (Fruits Fertilizer)
Pupuk berbentuk tablet yang dirancang khusus untuk tumbuhan buah, sangat gampang Anda temukan dengan nama Gramafix Buah. Ini juga salah satu jenis NPK tablet yang mengandung unsur hara lengkap, ada unsur makro, mikro, dan juga TE.
Pupuk dengan berat tablet cuman 10 gram ini, cukup efektif dan efisien jikalau Anda gunakan untuk memupuk tumbuhan buah. Karena bukan bentuk prill, jadi Anda tidak perlu khawatir alasannya ialah tidak hilang unsur hara ketika aplikasi.
Selain 2 pola pupuk NPK tablet di atas, cukup banyak merek-merek lain yang beredar di pasar. Semuanya bagus-bagus dan sanggup diaplikasikan untuk memupuk tumbuhan buah dan sejenisnya. Untuk itu, silakan Anda berselancar di internet menuju ke toko-toko online untuk melihat jenis dan harga pupuk NPK tablet.
Dengan uraian singkat ini, ternyata pupuk tablet NPK cukup menarik. Meskipun ada sedikit kurang-kurangnya, namun tertutupi sudah dengan segudang kelebihan dan manfaatnya. Demikian semoga ada faedahnya untuk penulis dan juga Istimewa untuk Anda yang sudah setia hadir di blog ini. Salam sukses.

0 Response to "Yuk Intip Segudang Kelebihan Pupuk Npk Tablet Untuk Tanaman Anda"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel