5 Langkah Menanam Daun Pandan Dalam Pot [Hijau Dan Wangi]


Cara Menanam Daun Pandan – Siapa yang tak kenal daun pandan? Daun yang berwarna hijau dan beraroma busuk ini, kerap kali dipakai sebagai penyedap masakan. Makanya tidak mengherankan, bila banyak ibu-ibu rumah tangga menanam tumbuhan daun pandan di rumah. Ada yang menanam eksklusif di tanah dan banyak juga yang suka menanam daun pandan di dalam pot.
Daun pandan pantang ditanam pada tanah yang subur, ia akan tumbuh, berkembang, dan beranak-pinak. Jika awalnya hanya 1 pot di rumah, tak usang kemudian, sanggup jadi daun pandan akan berlipat ganda pot bila betul cara menanam dan rajin pula merawatnya.
Bahkan, bila daun pandan sudah tumbuh banyak dalam pot, untungnya banyak, lho. Sebab, selain untuk konsumsi sendiri, daun pandan sanggup untuk dijual, dan sanggup juga -- bila mau -- untuk membuatkan dengan tetangga atau teman terdekat. Jadi, tidak ada ruginya menanam dan merawat daun pandan dalam pot, bukan?

 Daun yang berwarna hijau dan beraroma busuk ini 5 Langkah Menanam Daun Pandan dalam Pot [Hijau dan Wangi]
Daun Pandan dalam Pot di Dinding
Gambar : Dokpri

Daun pandan ; the vanilla of Indonesia
Tanaman daun pandan (Pandanus amaryllifolius Roxb.) merupakan tumbuhan pandan busuk yang cukup praktis ditemui di tempat tropis dan subtropis. Tumbuhan yang berbentuk perdu ini, daunnya berbentuk pita, dan ujungnya runcing banyak tumbuh di pinggir sungai, kebun, dan bahkan tumbuh liar dimana-mana asal tempatnya lembab.
Seiring waktu, daun pandan mulai dibudidayakan baik untuk konsumsi sendiri menyerupai menanam dalam pot maupun untuk skala komersial.
Mengapa tertarik dibudidayakan? Tentu ada alasannya. Masyarakat Indonesia, dari Sabang hingga Papua, umumnya memang memakai daun pandan ini sebagai pewangi terutama dalam masakan tradisional.
Saking dasyatnya busuk aroma daun pandan ini, bagi orang-orang luar negeri, mereka beri julukan daun pandan ini dengan istilah the vanilla of Indonesia.

Manfaat daun pandan, pewangi?
Kalau ditanya manfaat daun pandan, bahwasanya hampir semua tau, yaitu untuk pewangi masakan. Tapi, ternyata bukan hanya itu, daun pandan punya banyak manfaat. Berikut ini manfaat daun pandan.
  • Sebagai pewangi masakan/makanan/minuman menyerupai kue, bubur kacang hijau, kolak, dan lain-lain.
  • Pewarna alami
  • Untuk materi kecantikan menyerupai penghitam rambut dan aromatherapy face steam
  • Untuk kesehatan menyerupai mengatasi nyeri sendi, rematik, dan menurunkan gula darah
  • Bisa dijadikan sebagai parfum menyerupai pewangi ruangan
  • Bermanfaat sebagai salah satu materi pestisida organik untuk mengendalikan serangga atau lalat buah
  • Bahan baku industri menyerupai pembuatan tas, tikar, dan lain-lain.


Lalu, kenapa menanam daun pandan dalam pot?
Sobat tentu punya argumen tersendiri sehingga kenapa ingin menanam daun pandan dalam pot. Walaupun demikian, kita lihat juga terlebih dulu beberapa alasan menanam daun pandan dalam pot.
  • Karena lahan perkarangan rumah terbatas/sempit
  • Menanam daun pandan dalam pot alasannya ialah praktis merawatnya menyerupai penyiangan, penggemburan, dan penempatan pada lokasi terkena sinar matahari.
  • Dengan pemilihan model pot dan penataannya, daun pandan dalam pot sanggup mempunyai kegunaan sebagai tumbuhan hias sehingga menambah estetika rumah
  • Karena daun pandan ditanam dalam pot, maka sanggup diletakkan akrab area dapur sehingga memetiknya pun menjadi praktis dikala diperlukan.
  • Mungkin lahan yang dipakai bukan milik sendiri alias lahan sewa. Dengan menanam dalam pot, maka sewaktu-waktu praktis dipindahkan.
  • Jika menanam dalam pot, maka tidak perlu melaksanakan pengolahan tanah


Syarat tumbuh daun pandan
Daun pandan praktis tumbuh bila ditanam. Meskipun ditanam dalam pot, daun pandan tumbuh subur. Tapi, beberapa persyaratan tumbuh mesti dipenuhi semoga pertumbuhan dan perkembangan tidak terkendala.
Berikut ini beberapa syarat tumbuh tumbuhan daun pandan
  • Tumbuh subur di tempat topis dan subtropis
  • Menghendaki tanah yang agak lembab
  • Tumbuh baik hingga ketinggian 500 mdpl
  • Tanah subur dan kaya materi organik
  • Temperatur udara 22-280C
  • Kebutuhan sinar matahari cukup
  • Drainase baik
  • pH tanah 5,0 – 7,0

Mencermati syarat tumbuh daun pandan, jangan hingga Sobat menunda untuk menanamnya dalam pot di tempat Sobat. Sebab, syarat tumbuhnya kelihatan cukup mudah.
Daun pandan sanggup tumbuh walau temperatur udara sedikit panas atau sedikit rendah. Bahkan, ketinggian tempat di atas 500 mdpl pun, daun pandan sanggup tumbuh dengan baik. Yang penting cukup unsur haranya, kelembaban media tumbuh terjaga, dan perawatan yang baik.
Selain itu, tumbuhan daun pandan dalam pot sanggup ditempatkan pada tempat yang ternaungi, namun tetap mendapat sinar matahari walau minim atau tidak langsung. 

LANGKAH-LANGKAH MENANAM DAUN PANDAN DALAM POT
Menanam daun pandan di pot tidak ada proses yang berbelit-belit dan juga tidak butuh kalkulator untuk menghitung kebutuhan benihnya 😅Okay, berikut ini ada 5 langkah menanam daun pandan dalam pot. 

1. Siapkan bibit daun pandan untuk ditanam dalam pot
Hal yang utama dalam budidaya daun pandan dalam pot ialah menyiapkan bibit. Untuk bibit daun pandan sanggup diperoleh dengan cara pemisahan tunas/anakan dari indukannya. Jadi, bila sama tetangga atau teman ada tumbuhan daun pandan yang sudah tumbuh tunasnya, tinggal minta dipisahkan.

 Daun yang berwarna hijau dan beraroma busuk ini 5 Langkah Menanam Daun Pandan dalam Pot [Hijau dan Wangi]
Bibit Daun Pandan. Gambar : Dokpri

Atau mungkin di rumah ada tumbuhan daun pandan yang sudah banyak tumbuh anakannya, ya tinggal dipisahkan saja untuk ditanam dalam pot. Syaratnya, anakan sudah terlihat berakar gantung semoga praktis tumbuh dikala ditanam.
Cara pemisahannya cukup mudah, yaitu dengan cara memotongnya kepingan pangkal anakan yang menempel pada indukannya. Pastikan ada akar pada anakan daun pandan yang dipisahkan.

2. Pilih pot untuk menanam daun pandan

Model pot terserah, tergantung selera. Pot boleh memanfaatkan bahan-bahan bekas (secondhand) atau boleh juga beli pot baru. Namun, bila ingin menanam daun pandan sekaligus untuk estetika, pilih pot yang gres dan cantik. 
Jumlah pot berapa? Siapkan pot untuk menanam daun pandan sebanyak yang diperlukan, sanggup 1 pot, 2 pot, atau lebih dari 2 pot.
Ukuran pot tidak perlu terlalu besar, yang penting sanggup menampung media tanam dan sanggup berfungsi tempat berjangkar akar daun pandan. Ya, minimal ukuran pot mempunyai diameter 20 cm dan tinggi 20 cm.


3. Membuat media tanam daun pandan dalam pot
Kalau hendak menanam daun pandan dalam pot, maka menciptakan media tanam menjadi hal penting. Karenanya, persiapkan media tanam yang subur. Media tanam terdiri dari gabungan tanah kebun, arang sekam, dan pupuk kompos dengan perbandingan gabungan 2:1:1.
Arternatif media tanam lainnya, yaitu gabungan tanah kebun, pupuk kandang, dan sekam padi. Perbandingan campurannya ialah 1:1:1. Campurkan bahan-bahan media tanam tersebut hingga merata dan isi ke dalam pot.

 Daun yang berwarna hijau dan beraroma busuk ini 5 Langkah Menanam Daun Pandan dalam Pot [Hijau dan Wangi]
Pot Berisi Media Tanam Daun Pandan
Gambar : Dokpri


4. Menanam daun pandan di pot
Ketika bibit sudah ada, pot untuk menanam sudah siap, dan media tanam sudah terisi dalam pot, maka langkah selanjutnya ialah menanam daun pandan di pot.
Berikut ini cara menanamnya.
  • Buat lubang tanam sempurna di tengah pot
  • Tanam bibit daun pandan hingga seluruh akarnya tertanam
  • Tutup kembali dengan tanah dan padatkan tanah sekitar pangkal semoga tidak goyah
  • Jika terkulai atau terjatuh, topang dengan kayu atau bambu kecil.
  • Siram hingga lembab
  • Tempatkan pada tempat yang teduh dan tidak terkena cahaya matahari eksklusif hingga bibit daun pandan terlihat tumbuh segar.


 Daun yang berwarna hijau dan beraroma busuk ini 5 Langkah Menanam Daun Pandan dalam Pot [Hijau dan Wangi]
Bibit Daun Pandan Ditanam dalam Pot
Gambar : Dokpri

5. Merawat daun pandan dalam pot
Perawatan daun pandan dalam pot terutama sekali ialah penyiraman. Jaga media tumbuh tetap lembab, tapi tidak becek atau tergenang air.
Untuk menjaga kelembaban media tumbuh daun pandan dalam pot, perlu penyiraman sekali sehari. Tapi, bila cuaca cukup panas, siram pagi dan sore hari. Sebaliknya, bila hujan, berarti tidak perlu disiram.
Tempatkan pot pada tempat yang sanggup mendapat sinar matahari pagi, ya sekitar 2-4 jam sudah cukup baik untuk pertumbuhannya.
Kalau mau ditempatkan di bawah tempat yang ternaungi, boleh. Tetapi, tetap mendapat sinar matahari walaupun tidak eksklusif atau intensitasnya rendah.
Semakin banyak atau cukup terkena sinar matahari, maka aroma daun pandan semakin mewangi alasannya ialah atsirinya tinggi.
Perawatan lainnya, bersihkan gulma bila sudah tumbuh dalam pot semoga daun pandan tetap subur dan kelihatan menarik serta indah.
Bagaimana dengan pupuk? Sebetulnya daun pandan bukan tumbuhan yang manja dengan pupuk. Asal media tumbuh kaya dengan materi organik dan subur, daun pandan tetap tumbuh.
Namun, bila mau pertumbuhan daun pandan tetap terjaga kesuburan, daunnya lebar, panjang, warnanya hijau, dan wanginya kuat, maka butuh pemupukan.
Tidak harus pakai pupuk kimia menyerupai urea atau NPK, gunakan saja pupuk organik cair (POC) buatan sendiri menyerupai POC air cucian beras atau pupuk air cucian ikan. Dengan pupuk cair, tumbuhan daun pandan akan tumbuh subur.

Panen paun pandan
Daun pandan yang Sobat tanam dalam pot begitu cepat tumbuh. Dalam waktu 3-4 bulan sesudah tanam, daun pandan sudah sanggup mulai dipanen untuk keperluan penyedap makanan.
Panen dimulai dari daun-daun yang paling bawah dengan cara memetiknya atau sanggup juga memakai gunting untuk memotong daun hingga akrab ke pangkal daunnya.
Demikian cara menanam daun pandan dalam pot. Rawatlah dengan baik daun pandan yang sudah ditanam. Sekali menanamnya, kemudian perbanyak tumbuhan bila mau, seterusnya Sobat tinggal petik-petik saja daunnya sesuai dengan kebutuhan.

0 Response to "5 Langkah Menanam Daun Pandan Dalam Pot [Hijau Dan Wangi]"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel